logo rilis
Pajak Penghasilan Dibebaskan, Indef: Perlu Didukung Ini
Kontributor
Intan Nirmala Sari
03 April 2018, 18:25 WIB
Pajak Penghasilan Dibebaskan, Indef: Perlu Didukung Ini
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati berpendapat, pemberian fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau tax holiday oleh pemerintah, perlu didukung penyelesaian persoalan kemudahan berusaha.

"Insentif pajak penghasilan badan, bisa dinikmati ketika investasi sudah berjalan. Yang dikeluhkan pelaku usaha adalah, ketika akan memulai usahanya, itu yang harus diselesaikan," kata Enny ditemui usai diskusi Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Hal yang perlu diperbaiki terkait kemudahan berusaha, terutama menyangkut sisi perizinan dan ketersediaan infrastruktur. Enny menilai, insentif fiskal berupa pembebasan pajak akan selalu menarik bagi pelaku usaha. Namun, ia mengatakan pemerintah perlu memperhatikan efektivitasnya dalam meningkatkan penanaman modal.

Enny mengatakan, apabila kemudahan berusaha tidak didorong menjadi lebih baik, maka tawaran pembebasan pajak di Indonesia bisa menjadi tidak semenarik Vietnam.

"Kalau persoalan kemudahan berusaha tidak diselesaikan, maka pembebasan pajak tidak bisa dimanfaatkan untuk realisasi investasi," ungkapnya.

Fasilitas tax holiday yang baru, memberikan pengurangan PPh badan atas penghasilan dari kegiatan usaha utama sebesar 100 persen, dari jumlah yang terutang bagi wajib pajak badan yang melakukan penanaman modal baru pada industri pionir.

Direktur Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Robert Pakpahan mengatakan, aturan baru mengenai fasilitas pembebasan pajak penghasilan (PPh) badan atau tax holiday hanya dibolehkan untuk penanaman modal baru. Aturan tax holiday yang baru, berupa peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang sudah ditandatangani dan akan segera berlaku.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)