PLATFORM

Politik adalah bentala yang digenangi kebajikan. Karena jalan menuju bangsa yang berketuhanan, berperikemanusiaan dan berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat, merupakan kewajiban utama yang diemban oleh para politisi. 

Tapi entah apa yang meranggasnya. Kredo profetik itu berangsur luruh, lalu menjadi sebatas uang dan kekuasaan yang silih berganti diperebutkan, dengan cara apa pun. Tak ada lagi landasan moral, prestasi dan gagasan sosial yang menggugah. 

Kehidupan politik, akhirnya seperti mengantar kita berada di gurun. Kerontang dan mencemaskan. Tapi gurun, tentu tak selamanya hanya kerontang. Sesekali ditumbuhi prosopis cineraria yang tangkainya landai dan menawarkan keteduhan. 

Optimisme itulah yang membuat kami mendirikan saung kecil ini pada musim hujan, penghujung 2016. Kami percaya, meski harus berdiri sendiri di tengah gurun yang teriknya mungkin membunuh, ada altruisme, nilai fundamental dalam politik yang mendorong kebaikan bersama. Juga, kami percaya, ada politisi altruis. Mereka tahu, politik adalah seni pengabdian. Bukan muslihat untuk kekuasaan.

Inilah saung kecil kami, rilis.id, didedikasikan untuk merawat dan menjalarkan altruisme politik. Selamat datang!