logo rilis
Pacu Produksi Lewat Perbenihan Kelapa
Kontributor
Intan Nirmala Sari
23 Maret 2018, 10:05 WIB
Pacu Produksi Lewat Perbenihan Kelapa
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Tanaman kelapa dijuluki sebagai 'pohon kehidupan', karena hampir seluruh bagian tanaman ini dapat dimanfaatkan manusia, mulai dari akar hingga daun. Kelapa secara umum dapat dibedakan atas tiga jenis, yaitu Kelapa Dalam, Kelapa Genjah, dan Kelapa Hibrida.

Beberapa jenis Kelapa Dalam di Indonesia telah dilepas sebagai varietas Kelapa Dalam Unggul Nasional seperti Kelapa Dalam Sawarna, Kelapa Dalam Bali, Kelapa Dalam Palu, Kelapa Dalam Mapanget, dan lainya. Begitu juga varietas Kelapa Dalam Unggul Lokal seperti Kelapa Dalam Adonara (NTT), Kelapa Dalam Molowahu, Panua, Kramat (Gorontalo), Kelapa Dalam Bojong Bulat (Yogyakarta), dan Kelapa Dalam Buol ST-1.

Produksi yang tinggi dari tanaman kelapa, bergantung pada pemilihan benih yang unggul bermutu, dengan pemilihan varietas yang sesuai agroekologi, tepat lokasi, tepat waktu tanam, dan mutu terjamin (genetik, fisik dan fisiologis).

Pada 2017, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten mendapat tugas perbenihan Kelapa Dalam. Varietas yang digunakan untuk perbenihan tersebut adalah Kelapa Dalam Cungap Merah, merupakan jenis Kelapa Dalam asli Banten. Jenis Kelapa Dalam ini, sedang dalam tahap proses pelepasan sebagai Varietas Unggul Lokal.

Sebagai informasi, Benih Kelapa Dalam Cungap Merah yang dikembangkan di BPTP Banten berasal dari Kebun Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Pohon Induk Terpilih (PIT), yang sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pertanian RI no.85/Kpts/KB.020/12/2016.

Kelapa Dalam Cungap Merah akan didistribusikan ke wilayah Provinsi Banten sesuai dengan CPCL yang ditentukan oleh Dinas Pertanian Provinsi Banten. 

Melalui distribusi benih ini, wilayah penyebaran penanaman Kelapa Dalam Cungap Merah akan semakin meluas dan pada saatnya berproduksi, akan memacu peningkatan produksi kelapa di Provinsi Banten.

Sumber: Humas Balitbangtan


500
komentar (0)