logo rilis

Oyong Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan! Mulai Dari Obat Migrain Hingga Diabetes
Kontributor
Tari Oktaviani
13 Februari 2020, 14:41 WIB
Oyong Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan! Mulai Dari Obat Migrain Hingga Diabetes
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Gambas atau yang biasa kita kenal dengan oyong tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari. Biasanya jenis tumbuhan ini disayur untuk dikonsumsi.

 

Siapa yang sangka ternyata oyong memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari honestdocs, Oyong mengandung berbagai vitamin, mineral, anti-oksidan, nutrisi, dan lipid. 

 

Untuk mengetahui apa saja manfaat oyong, berikut ulasannya:

 

1. Mencegah Penyakit Jantung

 

Vitamin B5 yang terkandung di dalamnya menjadi kunci untuk kesehatan jantung. Perlu anda ingat bahwa mengonsumsi vitamin B5 dapat membantu mengurangi kolesterol jahat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Mencegah Diabetes

Kandungan Mangan yang terdapat dalam oyong bisa memproduksi enzim pencernaan. Adapun emzim tersebut berguna untuk proses glukoneogenesis dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Departemen  of Internal Medicine and Biochemistry bahwa Mangan dapat mempromosikan sekresi insulin, meningkatkan fungsi mitokondria, dan mengurangi peroksidasi lipid.

3. Mengobati Radang Sendi

Manfaat oyong juga ternyata bisa menyembuhkan radang sendi dan otot. Hal ini lantaran kandungan tembaga pada gambas memberikan anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri.

4. Obat Anemia.

Vitamin B6 pada oyong dapat mendorong produksi hemoglobin dalam darah yang membantu memobilisasi zat besi dan membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. 

5. Mengobati Migrain 

Oyong memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Diketahui magnesium mampu mengurangi sakit kepala sebelah atau migrain. Hal tersebut dikarenakan magnesium berfungsi untuk menyeimbangkan neurotransmitter di dalam sel-sel saraf di otak.

 

Sumber: honestdocs.id




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID