logo rilis
OSO Pesan Pemilihan Pimpinan MPR Harus Kedepankan Musyawarah Mufakat
Kontributor
Nailin In Saroh
18 Juli 2019, 23:00 WIB
OSO Pesan Pemilihan Pimpinan MPR Harus Kedepankan Musyawarah Mufakat
Oesman Sapta Odang (kedua dari kiri) bersama Pimpinan MPR lainnya. FOTO: MPR RI

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Oesman Sapta Odang atau akrab disapa OSO, berpesan agar pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024 harus mengedepankan musyawarah mufakat. Sebab, menurutnya, cara itu dinilai sejalan dengan aspirasi dan harapan masyarakat.

“Rakyat mau bagaimana? Musyawarah mufakat. Itu adalah pokok utama kita dalam menyelesaikan masalah,” ujar OSO usai mengikuti Rapat Pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia mengatakan, jika terjadi dead lock atau tidak tercapai kata mufakat maka ada mekanisme musyawarah lain. Yakni menempuh jalur voting.

“Sebab voting sesungguhnya tidak melanggar hukum. Tetapi musyawarah lebih bagus,” kata Ketua DPD RI ini.

Senada dengan OSO, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan juga berharap pemilihan pimpinan bisa menciptakan kesejukan. Kondisi tersebut, kata dia, bisa terlaksana melalui musyawah mufakat.

Ketua Umum PAN itu mengakui, selama ini pemilihan pimpinan MPR berlangsung keras. Sehingga, ia berharap, periode mendatang dapat diputuskan secara musyawarah mufakat.

“Itulah ciri khas MPR karena namanya Majelis Permusyawaratan Rakyat. Jadi, apa pun nanti musyawarah mufakat,” kata Zulkifli.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID