Home » Peristiwa » Dunia

Orang Terkaya dalam Sejarah Hibahkan Jutaan Dollar untuk Beasiswa Imigran

print this page Minggu, 14/1/2018 | 13:09

Orang terkaya dalam sejarah Jeff Bezos (kiri) dan orang terkaya kedua di dunia Bill Gates menjadi pembicara dalam sebuah acara, beberapa tahun silam. FOTO: AP/Marty Lederhandler

RILIS.ID, San Fransisco— Pendiri Amazon Jeff Bezos mengumumkan bahwa dia dan istrinya MacKenzie menyumbangkan $33 juta untuk mendanai beasiswa perguruan tinggi bagi imigran tak berdokumen.

Bezos mengatakan, hibah tersebut akan membuka kesempatan bagi sekitar 1.000 siswa yang tidak memiliki dokumen untuk menempuh pendidikan tinggi.

Para siswa penerima hibah tersebut akan memiliki status Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA).

DACA adalah sebuah perintah eksekutif yang ditandatangani oleh mantan Presiden Barack Obama pada tahun 2012. Perintah itu berisi pemberian perlindungan untuk kualifikasi imigran tak berdokumen yang tiba di Amerika Serikat (AS) sebagai anak-anak.

Program tersebut sempat menjadi isu setelah Presiden Donald Trump membatalkan keputusan yang ia nilai hanya akan mempopulerkan Obama itu.

Namun, Kongres AS merespons dengan menggelar sidang dan mempertimbangkan 800 ribu anak yang akan terkena dampak dari kebijakan tidak populer Trump tersebut.

Hibah dari Bezos diajukan melalui Dana Beasiswa Dreamer: TheDream.US.

Kepedulian Bezos terhadap imigran itu ternyata juga didasari dari kisah hidupnya yang memiliki ayah angkat seorang imigran yang melarikan diri dari Kuba. 

"Ayah saya datang ke AS saat dia berusia 16 tahun sebagai bagian dari Operasi Pedro Pan," ungkap Bezos.

"Ketika dia menginjakkan kaki di negara ini saja tidak bisa berbahasa Inggris. Dengan keteguhan hati dan bantuan dari beberapa organisasi luar biasa di Delaware, ayah saya menjadi warga negara yang luar biasa," lanjutnya.

Bezos merasa bangga dapat berkontribusi dalam kegiatan filantropis seperti itu. Menurutnya, dengan memberi beasiswa sekolah, ia ikut merealisasikan mimpi anak-anak untuk menjadi orang yang berguna di masa depan.

"MacKenzie dan saya merasa terhormat bisa membantu para pemimpi (pelajar) dengan mendanai beasiswa ini,” kata Bezos lagi.

Setelah saham Amazon melonjak di Wall Street awal pekan ini, Bezos mengambil alih posisi teratas sebagai orang terkaya dalam sejarah dengan kekayaan lebih dari $105 miliar. Ia menyalib pendiri Microsoft Bill Gates yang sejak lama menjadi orang terkaya di dunia.

Penulis Syahrain F.
Sumber Anadolu Agency

Tags:

jeff bezosamazonfilantropisbeasiswa imigran