logo rilis

Olly Dondokambey Usulkan Kolintang ke UNESCO
Kontributor
Kurnia Syahdan
29 Maret 2018, 11:34 WIB
Olly Dondokambey Usulkan Kolintang ke UNESCO
Alat musik kolintang. FOTO: Twitter/@daeguveins

RILIS.ID, Manado— Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, akan mengusulkan musik kolintang ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) agar menjadi warisan budaya dunia.

"Setelah batik dan angklung di UNESCO, kini Indonesia bakal menorehkan budaya khasnya beerupa alat musik kolintang sebagai warisan budaya dunia," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulut, Fery R.J. Sangian di Manado, Kamis (29/3/2018).

Ia menegaskan, kolintang adalah adalah alat musik tradisional Minahasa yang terbuat dari kayu.

Keseriusan pemerintah daerah melindungi alat musik kolintang ini ditindaklanjuti dengan mengusulkannya melalui surat bernomor 430/551/Sekr-DKD yang ditujukan kepada Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pemprov Sulut, dalam bunyi surat itu mendukung serta memberikan persetujuan pengusulan lebih lanjut dengan menugaskan kepada tim penyusun dan komunitas pendukung.

Tim ini, akan menyiapkan dan melengkapi dokumen pengusulan yang sedang dilakukan oleh Ditjen Kebudayaan Kemendikbud RI.

Selain itu, kata dia, juga telah dibentuk tim pendukung berjumlah 12 orang yang terdiri atas Pemprov Sulut dan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan).

"Tim juga telah melaksanakan rapat koordinasi untuk membahas syarat-syarat teknis dan administrasi demi mendukung upaya Gubernur Olly melindungi musik kolintang itu," katanya.
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)