logo rilis

OJK Kembali Luncurkan Bank Wakaf Mikro di Pesantren
Kontributor

14 Maret 2018, 22:40 WIB
OJK Kembali Luncurkan Bank Wakaf Mikro di Pesantren
FOTO: Humas OJK

RILIS.ID, Tanara, Serang— Otoritas Jasa Keuangan berkomitmen untuk terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah, kecil, mikro dan bahkan ultra mikro melalui pembentukan Bank Wakaf Mikro atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah di berbagai daerah.

“Peluncuran program Bank Wakaf Mikro di An Nawawi Tanara merupakan Bank Wakaf Mikro ketiga yang telah diluncurkan, setelah sebelumnya peresmian Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek di Cirebon pada Oktober 2017, dan peluncuran Bank Wakaf Mikro Al Fithrah Wava Mandiri di Surabaya yang diselenggarakan pekan lalu,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dalam sambutan peluncuran program Bank Wakaf Mikro di Pesantren An Nawawi Tanara, Serang-Banten pada Rabu (14/3/2018)

Wimboh mengatakan, dengan pengembangan Bank Wakaf Mikro di lingkungan pesantren, diharapkan dapat menjadi quick wins dalam pengembangan keuangan syariah nasional. Pada akhirnya, ini dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah jangka menengah dan panjang secara berkesinambungan.

Bank Wakaf Mikro juga diharapkan, bisa menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal. Ini khususnya di lingkungan pondok pesantren, di mana saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 28 ribu pondok pesantren di berbagai penjuru Tanah Air.

Hingga awal Maret 2018, 20 Bank Wakaf Mikro yang tercatat sebagai pilot project ini telah menyalurkan pembiayaan ke 2.784 nasabah, yang tergabung dalam 568 kelompok usaha (KUMPI), dengan total pembiayaan sebesar Rp2,45 miliar.“Program Bank Wakaf Mikro ini dapat direplikasi pembentukannya, dan diperluas cakupan wilayah pendiriannya, serta menjangkau nasabah lebih banyak. Sehingga, dapat menjadi basis perluasan akses pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi umat,” ungkap Wimboh.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID