logo rilis

Obati Kutu Air dengan Garam, Simak di Sini...
Kontributor
Tari Oktaviani
14 Januari 2020, 13:30 WIB
Obati Kutu Air dengan Garam, Simak di Sini...
Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Banjir di Jabodetabek kemarin membuat warga selalu berkecimpung dengan air. Bahkan pasca banjir pun, banyak orang masih sibuk dengan aktivitas yang berhubungan dengan air. Tentu hal ini memicu kutu air yang timbul di kemudian hari.

Biasanya jika anda terlalu sering beraktivitas dengan air, terlebih air kotor, maka kutu air sering timbul. Kutu air merupakan sebutan penyakit yang berupa gatal-gatal iritasi di sela-sela jari. 

Umumnya, kutu air timbul dikarenakan kondisi lembap dan kotor sehingga menimbulkan jamur. Jamur yang menghasilkan efek gatal pun dapat menimbulkan iritasi. Oleh karena itu meskipun sepele namun kutu air dirasa sangat mengganggu.

Untuk menyembuhkan kutu air sebetulnya bisa didapat obat salep antibiotik di apotek. Namun anda dapat pula menyembuhkannya dengan bahan bahan alami yang mudah didapat di rumah.

1. Cuka

Cuka mengandung asam asetat yang mampu menyembuhkan jamur. Caranya, tinggal tuang satu gelas kecil cuka ke dalam dua gelas air hangat. Kemudian rendam kaki atau tangan yang terdapat kutu air.

2. Garam

Garam memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengurangi iritasi akibat kutu air. Cukup dengan larutkan tiga sampai empat sendok makan garam dengan sebaskom air hangat. Lalu rendam kaki atau tangan yang terdapat kutu air selama kurang lebih 30 menit. 

3. Bawang Putih

Bawang putih sudah terkenal memiliki sifat antibakteri. Selain itu dilansir situs alodokter.com,  kandungan ajoene dalam bawang putih mampu mengobati kutu air. Caranya tinggal tumbuk bawang putih lalu tempelkan ke kutu air. 

Cara-cara tersebut mampu kurangi kutu air namun bila dilakukan rutin. Akan tetapi sebaiknya bila kutu air makin parah maka ke dokter menjadi jalan utamanya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID