logo rilis

OASE Kabinet Kerja Launching Kampung Hijra di Pandeglang
Kontributor
Elvi R
12 Maret 2019, 09:25 WIB
OASE Kabinet Kerja Launching Kampung Hijra di Pandeglang
FOTO: Humas Balitbangtan

RILIS.ID, Jakarta— Pandeglang (11/03/2019), bertempat di Desa Margagiri Kec Pagelaran Kab Pandeglang, Banten, OASE Kabinet Kerja Bidang Lingkungan Hidup yang diketuai oleh Rugaiya Usman Wiranto melakukan launching Program Kampung Hijra (Kampung Hijau Sejahtera).

"Agar kampung ini menjadi hijau bisa mensejahterakan masyarakat" ucap Rugaiya Usman Wiranto saat melakukan launching.

Program Kampung Hijra  bertujuan untuk memanfaatkan dan menghijaukan pekarangan dalam rangka meningkatkan ekonomi produktif keluarga. 

OASE Kabinet Kerja merupakan organisasi yang memiliki program-program yang dapat mengubah pola pikir dan memberdayakan masyarakat agar dapat hidup mandiri, produktif, kreatif dan berkarakter.

Bidang Lingkungan Hidup (Bidang 5) OASE KK beranggotakan Martati Amran Sulaiman (Kementerian Pertanian), Retno Setyowati Mardiasmo (Kementerian Keuangan), Mulyani Syafruddin (Kementerian PAN-RB), Nanik Istumawati Hadi (Panglima TNI),  Ambarwati Bambang (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), dan Peggy Kho Pik Hiang Lukita (Kementerian Perdagangan).  

Bidang 5 memiliki program utama untuk mewujudkan lingkungan hijau melalui  program penanaman pohon atau tanaman produktif agar mengurangi dampak dari pemanasan global, dan program biopori yang mengedukasi masyarakat untuk belajar mencintai alam sedini mungkin. 

Kampung Hijra menjadi salah satu perwujudan program Bidang 5 yang akan dijadikan percontohan dan nantinya akan dikembangkan di wilayah lainnya.

Kementerian Pertanian mendukung sepenuhya Program Bidang 5 dengan memberikan sejumlah bantuan benih tanaman  sayuran dari Badan Litbang Pertanian dan Dinas Pertanian Kab. Pandeglang; tanaman buah (durian), Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbangtan) beserta kandangnya dan tanaman obat dari Badan Litbang Pertanian; kebun bibit dari Badan Ketahanan Pangan; benih tanaman mangga dari Ditjen Hortikultura; serta bantuan bibit ikan dari Dinas Perikanan Kab. Pandeglang. Semua bantuan tersebut diharapkan dapat mengangkat ekonomi warga menjadi lebih produktif sehingga dapat sejahtera dan mandiri.

Saat meninjau lokasi ternak Ayam KUB, Rugaiya Usman Wiranto berpesan kepada warga untuk keberlanjutan program tersebut. Beliau mengharapkan agar ayam KUB tersebut dapat dikembangkan sehingga berguna untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah seorang warga Desa Margagiri menyatakan  bahwa warga senang dengan bantuan yang ada seperti Ayam KUB karena selain untuk dinikmati oleh warga, hasilnya berupa telur dapt dijual oleh warga.  Sebelumnya, BPTP Banten juga telah mengedukasi masyarakat Margagiri tentang teknologi pemeliharaan Ayam KUB.

Selain itu, BPTP Banten juga mengedukasi anak-anak PAUD tentang teknik menanam sayuran di pot/polibag. Upaya ini diharapkan menanamkan kecintaan anak-anak terhadap sayuran dan lingkungan secara dini.

Sumber: Balitbangtan




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID