logo rilis
Nurdin Halid: Tak Ada Hak Prerogatif Ketum Golkar Tunjuk Ketua DPR
Kontributor
Zul Sikumbang
10 Desember 2017, 13:01 WIB
Nurdin Halid: Tak Ada Hak Prerogatif Ketum Golkar Tunjuk Ketua DPR
Ketua Harian DPP Golkar, Nurdin Halid. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Ketua Harian DPP Golkar, Nurdin Halid, menegaskan, Ketua Umum Setya Novanto tak punya hak prerogarif untuk menunjuk seseorang sebagai Ketua DPR RI dan menggantikan posisinya.

"Tidak ada hak prerogatif soal penunjukan Ketua DPR RI oleh Setya Novanto," kata Nurdin Halid kepada rilis.id di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

Baca: Fahri: Novanto Kabarnya Sudah Tandatangani Surat Pengunduran Diri

Bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan ini menambahkan, tak adanya hak prerogatif ketua Umum untuk urusan ketua DPR RI terdapat dalam Pasal 19 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Golkar. 

"Enggak ada hak prerogatif Ketum untuk menunjuk Ketua DPR RI, karena Pasal 19 AD/ART menyebutkan, bahwa pimpinan kolektif kolegial," kata Nurdin. 

Wakil Ketua Dewan Pakar Golkar, Mahyudin, sebelumnya menyatakan, Ketua Umum Golkar Setya Novanto telah menunjuk Ketua Badan Anggaran DPR RI Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI.

Aziz sendiri dikabarkan sudah bergerilya ke fraksi-fraksi di DPR, agar mempercepat rapat paripurna guna pelantikan dirinya sebagai ketua Parlemen.

Baca: Aziz Syamsudin dan Robert Kardinal Dinilai Permalukan Golkar


#DPR RI
#Golkar
#Nurdin Halid
#Setya Novanto
#Aziz Syamsuddin
komentar (0)