logo rilis
Novanto Mengaku Shock Divonis 15 Tahun Penjara
Kontributor
Tari Oktaviani
24 April 2018, 16:11 WIB
Novanto Mengaku Shock Divonis 15 Tahun Penjara
Setya Novanto. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Setya Novanto, mengaku kaget dengan putusan majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi yang menjatuhkan ia dengan vonis 15 tahun penjara. Menurutnya, segala yang menjadi pertimbangan hakim tidak sesuai dengan faktanya.

"Saya sangat shock sekali karena apa yang didakwakan dan apa yang disampaikan perlu dipertimbangkan, karena tidak sesuai dengan persidangan yang ada," kata Novanto usai sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Ia berujar, akan konsultasi dengan tim penasehat hukum dan keluarganya, untuk menentukan langkah hukum yang akan diambil. Sehingga, Novanto belum memastikan pihaknya akan mengajukan banding.

"Saya tetap menghormati, menghargai. dan saya minta waktu untuk pelajari dan konsultasi dengan keluarga dan juga pengacara," ujarnya. 

Sebelumnya, Setya Novanto divonis pidana penjara selama 15 tahun penjara oleh majelis hakim tindak pidana korupsi. Tak hanya itu saja, ia juga dikenakan denda sebesar Rp500 juta subsider tiga bulan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Setya Novanto pidana penjara 15 tahun denda Rp500 juta subsider 3 bulan," kata ketua Majelis Hakim Yanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta.

Menurut hakim, Setya Novanto telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi untuk menguntungkan diri sendiri maupun orang lain. Novanto terbukti memenuhi unsur pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1.

Editor: Taufiqurrohman


500
komentar (0)