logo rilis
Nobar Film 'Penumpasan G30S/PKI' di Mana Malam Ini?
Kontributor

30 September 2018, 20:01 WIB
Nobar Film 'Penumpasan G30S/PKI' di Mana Malam Ini?
ILUSTRASI: Hafiz

RILIS.ID, Jakarta— Televisi partikelir tvOne akan kembali menayangkan film Penumpasan G30S/PKI', Minggu (30/9/2018) pukul 21.00 WIB. Sebelumnya Pemred tvOne Karni Ilyas sempat ragu dapat kembali menayangkan kembali film karya almarhum Arifin C. Noor itu.

"Awalnya kami memang berniat menayangkan film G30S/PKI. Tapi sayang tahun ini kami sudah tidak memiliki hak tayang film itu," kata Karni dalam cuitannya tertanggal 27 September 2018.

"Copy rights film itu sudah dibeli lebih dulu oleh perusahaan pemilik SCTV dan Indosiar dari Perusahaan Film Negara (PFN). Mohon maaf," tambah Karni.

Sebelumnya seseorang dengan akun @susan1612 meminta tvOne kembali menayangkan film 'Penumpasan G30S/PKI'. Film itu dianggap sebagai pembelajaran sejarah bagi generasi muda.

 "Mohon tetap tayang ya film G30S PKI-nya sebagai pelajaran sejarah bagi generasi muda... itu real.... PKI memang sadis... sinetron2 apa ga sadis? Malah ga mendidik & sering ada adegan kekerasan," cuit Susan.

Belakangan, Karni mengabarkan film 'Penumpasan G30S/PKI' akan diputar di tvOne. Ternyata pemilik hak siar film tersebut telah dikembalikan ke PFN. "Sore ini kami menerima kabar baik, perusahaan pemilik SCTV dan Indosiar mengembalikan hak tayang film G30S/PKI ke Perusahaan Film Negara (PFN). Kami lagi mengusahakan film itu bisa tayang di tvOne," tulisnya.

Setiap menjelang 30 September, rencana pemutaran film ini selalu mengundang kontroversi. Sekjen Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni mengatakan siapa pun dipersilakan menonton film G30SPKI. "Yang mau nonton silakan, yang gak juga gak apa-apa. Tidak ada paksaan dalam nonton film," ujarnya.

Yang pasti, kata Raja Juli, filmnya jelek. "Dari sisi sinematografi gak ada spesial-spesialnya, kreativitas apa yang diharapkan di era semua harus diseragamkan?" ujarnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID