Home » Muda

Nih, 'Kunci' Biar Partai Politik Menangi Pemilu

print this page Selasa, 9/1/2018 | 01:10

ILUSTRASI: Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah, Pangi Syarwi Chaniago, mengatakan, partai harus memperhatikan pemilih milenial, bila ingin memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Sebab, sangat menentukan setiap kontestasi "kotak suara".

"Segmen pemilih milenial tidak bisa diabaikan dan dianggap remeh, karena bisa menjadi determinan menentukan dalam setiap kontestasi elektoral. Jadi, siapa calon yang bisa mendekati pemilih milenial, maka punya potensi untuk menang," ujarnya kepada rilis.id di Jakarta, Senin (8/1/2018).

Ipang, sapaannya, mengatakan, bagaimana pun juga jumlah pemilih dari kelompok milenial terus bertambah dan semakin banyak. Namun, karakteristiknya sangat sulit ditebak.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kemunculan partai baru berpotensi membuat persaingan elektoral semakin keras. Alhasil, tingkat dukungan terhadap partai, khususnya yang lebih dulu eksis, bisa berubah.

Agar tak hanya menjadi penggembira, Ipang menyarankan, partai mulai melakukan pendidikan politik kepada pemilih milenial dengan cara mengutus kader mudanya. Sebab, cuma bisa dipahami kader "hijaunya".

"Sekarang itu, parpol belum terlalu maksimal melakukan pendidikan politik kepada segmen pemilih melenial ini. Pemilih milenial jelas bisa dipahami oleh politisi milenial pula. Harusnya, parpol utus kader mudanya untuk dekati mereka," tuntasnya.

Penulis Tio Pirnando
Editor Fatah Sidik

Tags:

Partai PolitikGenerasi MilenialPangi Syarwi ChaniagoPemilu 2019