logo rilis

Nias Targetkan Kurangi Desa Terisolir 
Kontributor
Kurnia Syahdan
21 Maret 2018, 14:22 WIB
Nias Targetkan Kurangi Desa Terisolir 
Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Gunungsitoli— Pemerintah Kabupaten Nias, Sumatera Utara, akan mengurangi jumlah desa yang terisolir.

"Permasalahan pembangunan yang harus diatasi pada tahun 2019 adalah mengurangi jumlah desa yang terisolir," kata Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli, di  Gunungsitoli, Rabu (21/3/2018).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Nias juga akan membangun infrastruktur jalan di wilayah Soziona, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan serta memberikan beasiswa kepada siswa SD/SMP berprestasi.

Selain itu, lanjut Laoli, Pemkab Nias juga akan meningkatkan status puskesmas yang terakreditasi, membangun Puskesmas keliling, melanjutkan pembangunan gedung baru RSU Gunungsitoli, menata kawasan ibu kota serta membangun sarana dan prasarana pemerintahan.

"Kita akan fokus pada upaya mengatasi berbagai permasalahan pembangunan, sesuai dengan kebijakan yang tertuang dalam RKPD (Rencana Kerja Pembanguan Daerah) Kabupaten Nias tahun 2019," jelasnya.

Atas dasar itu, Laoli meminta pimpinan perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Nias untuk memahami target kinerja urusan pemerintahan yang ditangani, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016-2021.

"Berdasarkan Permendagri 86 tahun 2017, tahapan penyusunan RKPD adalah penyusunan rancangan awal RKPD dan dalam proses perumusan rancangan awal RKPD dimaksud, perlu dilaksanakan forum perangkat daerah bidang pemerintahan dan aparatur," katanya.

Ia mengatakan, baru-baru ini telah digelar Forum Perangkat Daerah Bidang Pemerintahan dan Aparatur Kabupaten Nias tahun 2018 di kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kota Gunungsitoli.

Hasil kesepakatan dalam forum perangkat daerah tersebut akan dijadikan bahan dalam penyempurnaan penyusunan rancangan rencana kerja (Renja) perangkat daerah tahun 2019.

Namun, sebelum melaksanakan forum perangkat daerah bidang pemerintahan dan aparatur, telah terlebih dulu dilalui berbagai tahapan perencanaan yang berjenjang, mulai melalui musrenbang tingkat kecamatan.

Tujuannya untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan dalam memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias, sehingga rancangan rencana kerja perangkat daerah semakin berkualitas.
 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)