logo rilis
Negara Kritis Kesadaran dalam Keadilan Hukum       
Kontributor
RILIS.ID
04 Juni 2018, 15:26 WIB
Negara Kritis Kesadaran dalam Keadilan Hukum       

Oleh R Surya Nuswantoro, S.H, M.H

Advokat/Konsultan Hukum

NEGARA dapat diartikan adalah suatu alat organisasi digunakan sebagai politik, organisasi kesusilaan, dan integrasi antara pemerintah dengan rakyat. Kita harus memahamkan Negara Indonesia ini berdasarkan UUD 1945 yang selaras dengan tujuan pada UUD 1945.

Berdasarkan alinea 4 tujuan Negara ialah melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam melaksanakan ketertiban dunia. Fakta yang terjadi pada Negara kita sangat disesalkan semua keluar dari koridor yang terdapat pada tujuan yang tertera di UUD 1945.

Semua kemungkinan yang bisa terjadi adanya ketimpang tindihan dalam penerapan hukum terhadap para stakeholder. Negara saat ini membutuhkan knowledge about law yang sangat tinggi agar sepemahaman pada tentang hukum menjadi tinggi. Penegak hukum pada bidang hukum perlu ditingkatkan dari segala hal. Akademisi pada bidang hukum saat ini harus mempunyai keheningan dalam menambah atau pun memakai intelektualitas mereka di bidang tersebut.

Pemahaman Rakyat terhadap Negara Hukum

Pemahaman ini pun harus ditingkatkan dalam menuju Negara yang bisa berdaulat berdasarkan sumber hukum kita UUD 1945. Banyak pelanggaran yang terjadi di negara kita dalam menetapkan arah hukum ini harus ke mana berjalan. Rakyat semakin lama menunjukkan bahwa fenomena yang ada membuat Negara kita hancur dari kebijakan para stakeholder pada pemerintahan saat ini. Semua yang terjadi membuat kemakmuran pada rakyat pun hilang seketika dari segala aspek kehidupan yang ada.

Kasus peristiwa hukum semakin banyak dan krisis kesejahteraan pun juga mengikuti untuk merosot menurun saat ini. Berdasarkan buku bang Fahri Hamzah yang berjudul “MENGAPA INDONESIA BELUM SEJAHTERA”. Negara kita memiliki berbagai sumber hukum yang dimiliki tetapi dalam praktiknya para stakeholder kurang memperhatikan sumber-sumber hukum dalam memberikan suatu kebijakan.

Indikasi Negara Sejahtera

Indikasi yang tergolong dalam kategori sejahtera itu ada beberapa aspek antara lain: kemiskinan perekonomian, menurunya pertambahan penduduk, dan produktivitas dalam pendapatan daerah menurun.

Peristiwa hukum pun mengikuti secara luas dalam keadaan Negara yang belum sejahtera ini. Dengan penjelasan peristiwa hukum sangat pesat bertambahnya. Kasus peristiwa hukum tindak pidana korupsi, pembunuhan, terorisme, dan pencurian. Harapan yang ada dari para stakeholder ialah berharap untuk segera melakukan suatu decision yang membuat mayoritas para rakyat agar bisa menikmati segala sesuatu kesejahteraan rakyatnya.

 


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)