logo rilis

Nasib Perry Warjiyo Bakal Ditentukan Rabu Ini
Kontributor

26 Maret 2018, 21:09 WIB
Nasib Perry Warjiyo Bakal Ditentukan Rabu Ini
Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo: FOTO: RILIS.ID/Intan Nirmala Sari

RILIS.ID, Jakarta— Komisi XI DPR akan menentukan terpilih atau tidaknya calon tunggal Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2018-2023, pada Rabu (28/3/218) malam.

"Kita uji kelayakan dan kepatutan Perry pada Rabu siangnya, dan kami memerlukan rapat hingga malam untuk menentukan suara," kata Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno di Jakarta, Senin (26/3).

Untuk calon tunggal Gubernur BI, semua anggota teguh akan pilihannya untuk memilih atau tidak. Belum ada riak-riak politik yang signifikan dalam penentuan kursi Thamrin-1 ini, istilah untuk Gubernur BI. Namun, kata Hendrawan, semua kemungkinan masih bisa terjadi.

"Semua masih cair," ujarnya.

Perry, merupakan bankir dengan karir di Bank Sentral yang kenyang pengalaman di bidang moneter. Ia ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Gubernur BI tunggal menggantikan Gubernur BI saat ini Agus D.W Martowardojo.

Perry yang saat ini masih menjabat Deputi Gubernur BI mengalahkan tiga kandidat yang diusulkan kepada Presiden, termasuk mengalahkan pimpinannya saat ini, Agus Martowardojo. Sejak 5 Maret 2018, DPR resmi memproses kelayakan dan kepatutan Perry. Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Perry dapat menyinergiskan kebijakan moneter Bank Sentral dengan kebijakan fiskal pemerintah, jika pencalonannya nanti disetujui parlemen.

"Bauran kebijakan moneter BI harus tetap menstimulus pertumbuhan ekonomi dan berdampak langsung terhadap kesejahteraan rakyat," kata Bambang Soesatyo.

Komisi XI mempercepat jadwal uji kelayakan dan kepatutan calon Gubernur BI, dari sebelumnya dijadwalkan akhir April 2018 menjadi akhir Maret 2018. Begitu juga dengan uji kelayakan tiga calon Deputi Gubernur BI yang akan dilakukan secara maraton sepanjang Selasa (27/3).

"Semua akan kita tentukan suaranya pada Rabu malam," ujar politisi PDI-Perjuangan itu.

Hendrawan mengatakan, semua anggota Komisi XI masih memegang kandidat jagoannya masing-masing untuk tiga calon Deputi Gubernur BI. Ketiga nama calon Deputi Gubernur BI yang ditunjuk Presiden adalah, Dody Budi Waluyo yang saat ini menjabat Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter. Selanjutnya, Doddy Zulverdi yang menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sejak 2015. Terakhir, Wiwiek Sisto Widayat yang masih menjabat Kepala Perwakilan BI Jawa Barat.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)