logo rilis

NasDem soal Prabowo Tiru Gaya Trump: Kami Tertawa Saja
Kontributor
Nailin In Saroh
16 Oktober 2018, 17:01 WIB
NasDem soal Prabowo Tiru Gaya Trump: Kami Tertawa Saja
Sekretaris Jenderal DPP NasDem, Johnny G Plate. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Sekjen NasDem Johnny G. Plate menilai, keliru pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang meniru Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait jargon kampanye 'Amerika First, Make Amerika Great Again' menjadi 'Indonesia First, Make Indonesia Great Again'.

"Kalau NasDem melihatnya senyum-senyum dan tertawa kecil. Kenapa? Ini menduplikasi program Donald Trump yang diterapkan secara tidak tepat di Indonesia. 'Indonesia First Make Indonesia Great Again' saya kira itu diksi yang salah dan keliru. Yang tepat adalah 'Indonesia First Make Indonesia Great' dan itu sedang dilakukan oleh Pak Jokowi," ujar Johnny di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Menurut Johnny, capresnya yakni Joko Widodo sudah terlebih dulu menerapkan jargon yang lebih tepat. Dimana, terangkum dalam nawacita. Alasan Indonesia First Make Indonesia Great lebih cocok, lantaran Tanah Air memang belum pernah jatuh melainkan baru akan bangun.

"Semua yang dilakukan melalui program Nawacita adalah 'Indonesia First Make Indonesia Great'. Kalau dibilang Indonesia Great Again kapan Indonesia sudah great?"

"Jadi diksinya, kami merasa agak terganggu kurang tepat. Walaupun dulu sebelum Indonesia ini hadir sebagai republik di zaman Majapahit dan Sriwijaya kita pernah great. Saya kira kelatahan-kelatahan menduplikasi tagline-tagline itu mungkin perlu dipikirkan secara matang terlebih dahulu," tegas anggota Komisi XI DPR itu.

Lagipula, lanjut Johnny, jika pada saat menyatakan Donald Trump menunjuk keatas, justru Prabowo menunjuk kebawah. Jadi Prabowo, menurutnya, sudah menjiplak dia juga salah memperagakan.

"Ada perbedaan dan gesture. Pada saat Donald Trump mengatakan America First Make Amerika Great Again jarinya keatas begini satu. Pada saat Prabowo mengatakan Indonesia First Make Indonesia Great' Again' tangannya tunjuk ke bawah. Ini dua yang terbalik. Makanya kalau kita menduplikasi yang benar dikit lah," sindirnya

Johnny juga meragukan tim Prabowo yang selalu mengkritik tanpa solusi. Pun belum ada gagasan yang berarti. 

"Sejauh ini kami belum lihat gagasan-gagasan besar. Melalui tim kampanye melalui juru bicara, influencer, adalah mengkritisi dan mencari-cari kelemahan program Pak Jokowi. Membuat satu daftar tanpa ada diagnosis dan cara untuk mengatasinya. Sejauh ini belum ada itu,"

"Yang ada cuma ini daftar kurangnya resepnya apa untuk mengatasi apa programnya mengatasi masalah bangsa dan negara. Cara-caranya apa saja itu belum disampaikan. Sambil Pak Jokowi terus bekerja dan melaksanakannya terus akan meningkatkan kinerja," katanya.

Menyinggung Prabowo kebarat-baratan, Jokowi ketimuran, Johnny menegaskan yang jelas petahana sangat Indonesia.

"Kalau kebarat-baratan saya sendiri tidak tahu yah. Yang pasti Pak Jokowi itu Indonesia banget," tukasnya.

Editor: Sukma Alam


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)