logo rilis
NasDem: Caleg Harus Punya Modal Sosial dan Politik
Kontributor
Sukma Alam
03 Mei 2018, 12:36 WIB
NasDem: Caleg Harus Punya Modal Sosial dan Politik
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Partai NasDem akan memilih calon legislatif (caleg) yang memiliki elektabilitas tertinggi di daerah pemilihannya (Dapil). Partai besutan Surya Paloh itu akan memilih caleg berdasarkan dari masyarakat setempat.

"Caleg yang memiliki basis kualitatif yang mencerminkan modal sosial dan politik serta direkomendasikan oleh tokoh setempat yang akan dipilih oleh NasDem," kata Ketua DPP Bidang Media dan Komunikasi Publik Partai NasDem, Willy Aditya, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Menurut dia, ada beberapa kriteria untuk caleg, tapi yang paling utama tentunya elektabilitas caleg di dapil yang dipilih.

"Sebelum memilih caleg, NasDem melakukan survei dapil," kata Willy.

Willy menjelaskan, pihaknya tidak melakukan seleksi seperti ujian administrasi, namun dalam proses masa bacaleg pihaknya melakukann survei menjelang penetapan daftar caleg sementara.

Hingga saat ini, kata dia, kuota bacaleg DPR RI dari NasDem mencapai 150 persen. Bacaleg ini berasal dari proses rekrutmen terbuka yang dilakukan di semua level legislatif 
"Target kursi NasDem di DPR RI berdasarkan hasil Rakorsus Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) NasDem tahun 2016 sebanyak 100 kursi. Kami optimistis target tersebut dapat tercapai," tuturnya.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)