logo rilis
Muslim di Bali Santap Menu Ini saat Berbuka, Mau Tahu?
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
24 Mei 2018, 11:38 WIB
Muslim di Bali Santap Menu Ini saat Berbuka, Mau Tahu?
Ilustrasi makanan takjil. FOTO: Istimewa.

RILIS.ID, Denpasar— Masyarakat Muslim Bali di kawasan Kampung Jawa, Wanasari, Kota Denpasar, menyukai sajian kuliner khusus untuk menu berbuka puasa, yakni sate susu.

"Ya, saya sengaja ke pasar di Kampung Jawa yang menjual sajian khusus berbuka puasa dan saya datang hanya untuk membeli sate susu untuk keperluan berbuka puasa bersama keluarga," kata warga Jalan Gatot Subroto, Denpasar, Febi, di Kampung Jawa, Denpasar.

Sate susu berasal dari susu sapi, terasa lebih empuk dibandingkan dengan sate daging.

Lokasi makanan ini bisa ditemukan di depan Masjid Baiturahman kawasan Kampung Jawa, Denpasar. Kalau masuk bulan Ramadhan, di sana seperti pasar dadakan.

Di sana, sebagian pedagang menjual berbagai jenis menu berbuka puasa, di antaranya sate susu.

"Banyak warga Muslim Bali yang mencari sajian kuliner untuk berbuka puasa seperti sate susu sapi karena alasan tertentu," kata penjual sate susu, Rahmad.

Warga Muslim Bali percaya bahwa sate susu itu dapat menghangatkan tubuh. Bukan cuma itu, Rahmad juga menjual beragam sate lain seperti usus sapi dan sumsum.

"Sate susu setiap harinya selalu habis terjual. Rata-rata pembeli bisa memesan 30-50 tusuk. Kalau sate lilit, harga per-tusuk hanya Rp1.000, sedangkan untuk sate susu saya jual per-tusuk Rp2.000," katanya.

Pasar dadakan di Kampung Jawa itu juga menjual berbagai sajian berbuka puasa, seperti nasi campur, es kolak, es campur, es buah, camilan, dan sebagainya.

Sementara itu, Masjid Baiturrahman juga mengadakan berbuka puasa bersama di dalam masjid dengan penataan takjil secara memanjang seperti layaknya gaya berbuka puasa di Masjidilharam.

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)