logo rilis

Munculnya Relawan Dinilai untuk Naikkan Elektabilitas Kandidat
Kontributor
Sukma Alam
11 April 2018, 10:25 WIB
Munculnya Relawan Dinilai untuk Naikkan Elektabilitas Kandidat
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Pengamat politik dari Universitas Padjajaran, Bandung, Yusa Djuyandi menilai, maraknya relawan yang muncul menjelang Pemilu merupakan alat untuk menaikkan nilai politik kandidat calon Presiden atau calon Wakil Presiden.

"Beberapa kelompok relawan yang muncul menjelang Pilpres saya melihatnya lebih kepada alat untuk menaikan nilai politik calon tertentu. Bisa karena agar masuk radar bursa pencalonan," ujar Yusa dihubungi di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Ia melihat kemunculan relawan hanya untuk mendongkrak seseorang agar masuk bursa cawapres, yakni Joko Widodo atau Prabowo Subianto.

Yusa memandang beberapa relawan yang muncul menjelang Pilpres dibentuk bukan karena faktor idealis, seperti menginginkan perbaikan kondisi Indonesia, melainkan muncul karena unsur modalitas.

Relawan semacam ini juga tidak memberikan dampak positif kepada publik, melainkan hanya menaikkan posisi tawar kandidat calon.

"Relawan ini bukan relawan idealis atau ideologis. Relawan semacam ini usianya juga tidak akan lama," kata dia.

Namun demikian, dia menilai kemunculan relawan menjelang Pilpres wajar dilakukan para calon untuk berupaya menunjukkan kekuatan massa melalui pembentukan kelompok pendukung.

Seperti diketahui, beberapa relawan muncul untuk mendukung kandidat maju di Pemilu 2019. Salah satunya relawan GNR (Gatot Nurmantyo untuk Rakyat).

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)