Home » Muda

Munas HA IPB Diharap Jadi Momen Bersama Dukung Kedaulatan Pangan

print this page Jumat, 10/11/2017 | 20:28

Sekretaris Jenderal HA IPB Depok, Akbar Yasin. FOTO: Dok. pribadi

RILIS.ID, Jakarta— Himpunan Alumni Insititut Pertanian Bogor (HA IPB) berencana mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) di Bogor, 16-18 Desember 2017. Munas beragendakan pemilihan pengurus DPP HA IPB 2017-2021.

Sekretaris Jenderal HA IPB Depok, Akbar Yasin, berharap munas menjadi ajang menyatukan gagasan, langkah bersama, dan berkontribusi bagi kedaulatan pangan nasional. Dalihnya, seperti pernyatan Presiden pertama RI, Soekarno, tak akan pernah ada bangsa besar, kalau urusan pangannya tidak berdaulat.

"Untuk itu, bagi IPB dan alumni IPB, urusan pangan merupakan fokus perjuangan kita demi terwujudnya kedaulatan pangan di bumi Indonesia tercinta," ujarnya di Jakarta, Jumat (10/11/2017).

Akbar menambahkan, sinergi dan kontribusi HA IPB ini sebagai upaya mendukung visi dan program strategis pemerintah yang berkomitmen mewujudkan swasembada pangan. Bahkan, ditargetkan akan menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

Sehingga, harus ada perubahan paradigma soal kegiatan Munas tersebut. "Dulu bagi alumni IPB, idealnya ajang Munas bukan hanya sekadar acara seremonial, kangen-kangenan, reuni empat tahunan, atau bahkan menjadi ajang unjuk kekuatan alumni yang menjagokan salah satu calon ketua umum dan sekjen," jelasnya.

Ironisnya, tatkala hingar-bingar "pesta" Munas berakhir, muncul pengkotak-kotakan alumni, lantaran "jagoannya" tak terpilih. "Karena itu, teman-teman alumni, saatnya kita untuk jangan pernah membiarkan hal itu terjadi lagi," serunya.

Ketua Divisi Komunikasi HA IPB Depok, Aisyah Azhar, juga berpendapat sama. Menurutnya, sudah waktunya bagi alumni memanfaatkan momen Munas dengan sebaik-baiknya. Konkretnya, HA IPB mampu bersinergi, berkolaborasi, dan bekerja bersama dengan pihak berkepentingan, kementerian dan lembaga terkait.

HA IPB pun harus menjadi elemen utama memberikan konsep hingga bergerak nyata bersama petani. "Dengan begitu, kita bisa merevitalisasi dan mengembalikan peran dan fungsi IPB dan para alumninya sebagai garda terdepan terwujudnya ketahanan nasional," pungkas dia.

Penulis Fatah H Sidik
Editor Sukarjito

Tags:

IPBHimpunan Alumni IPBMunas HA IPBKedaulatan Pangan

loading...