logo rilis

Mulai Ramai Bicarakan Pengganti Risma di Surabaya
Kontributor
Andi Mohammad Ikhbal
15 Oktober 2018, 09:25 WIB
Mulai Ramai Bicarakan Pengganti Risma di Surabaya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Surabaya— DPC Partai Demokrat Kota Surabaya mengaku sudah mengantongi nama bakal calon wali kota setempat yang akan bertarung dalam pilkada di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur itu pada 2020.

"Sudah ada calon tetapi masih kami simpan," kata Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya, Ratih Retnowati, kepada Antara di Surabaya, Senin (15/10/2018).

Saat ditanya siapa bakal calon wali kota yang dipersiapkan Demokrat tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya ini masih enggan menyebutkan nama bakal calon tersebut.

Begitu pula saat ditanya apakah bakal calon yang dimaksud salah satunya adalah mantan Penjabat Wali Kota Surabaya Nurwiyatno yang saat ini menjadi calon anggota DPRD Provinsi Jatim Daerah Pemilihan 1, Ratih enggan mengatakannya karena sifatnya masih rahasia.

"Sabar, nanti pasti dikabari," ujarnya.

Hal sama juga dikatakan Sekretaris DPC Partai Demokrat Surabaya Dedy Prasetiyo. Ia mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih konsentrasi pemenangan pemilu anggota legislatif dan Pemilu Presiden 2019.

"Meski begitu, kami juga tetap akan memonitor calon-calon yang akan muncul karena politik itu selau dinamis," katanya.

Saat ditanya siapa bakal calon yang sudah disiapkan Demokrat, Dedy juga enggan menyebutkan karena kewenangan Ketua DPC Demokrat Surabaya yang akan mengumumkannya sendiri.

Hingga saat ini di kalangan partai politik maupun ormas di Kota Surabaya yang sudah ada yang berani terang-terangan mengumumkan nama bakal calon wali kota, yakni dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan mulai mengampanyekan Fandi Utomo, MKGR Partai Golkar Surabaya mendukung Adies Kadir, dan PDI Perjuangan Surabaya mayoritas mendukung Whisnu Sakti Buana.

Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera Kota Surabaya, Jatim, Ahmad Suyanto menilai, sosok Sigit Sosiantomo dan Azrul Ananda cukup layak untuk bisa diusung sebagai Calon Wali Kota Surabaya dalam Pilkada 2020.

"Ini masih sikap pribadi saya bukan sikap resmi partai. Kalau PKS (Partai Keadilan Sejehtera) itu tegak lurus dengan pimpinan di pusat," kata Ahmad Suyanto.

Menurut dia, kiprah dari Sigit Sosiantomo selaku anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PKS serta Ketua DPP PKS Wilayah Jati Jaya (Jatim-JatengJogja) dan Azrul Ananda yang merupakan mantan CEO dari Grup Jawa Pos atau Jawa Pos News Network (JPNN) yang sekarang Presiden Klub Persebaya, tidak diragukan lagi.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya ini menjelaskan Sigit Sosiantomo merupakan arsitek alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang memiliki mazab atau aliran yang sama dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yakni pembangunan perkotaan.

"Ilmu yang dikuasai Pak Sigit itu arsitek, sama dengan Bu Risma. Beliau asli Surabaya yang selama ini selalu memantau perkembangan pembangunan di Surabaya," katanya.

Bahkan, lanjut dia, tidak jarang kebijakan wali kota mendapat dukungan Sigit, seperti halnya rencana penerapan angkutan massal cepat (AMC) berupa trem yang hingga kini belum terealisasi karena terkendala anggaran dari pusat.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)