logo rilis

MPR Gelar Rapat Gabungan Bahas Tatib Pemilihan Pimpinan
Kontributor
Nailin In Saroh
23 September 2019, 15:30 WIB
MPR Gelar Rapat Gabungan Bahas Tatib Pemilihan Pimpinan
Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, FOTO: RILIS.ID

RILIS.ID, Jakarta— Pimpinan MPR bersama fraksi-fraksi dan kelompok anggota DPD menggelar rapat gabungan guna membahas tata tertib (tatib) mekanisme pemilihan pimpinan MPR periode 2019-2024, Senin (23/9/2019).

Menurut Ketua MPR Zulkifli Hasan, pembahasan tatib perlu dilakukan menyusul perubahan Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) mengenai jumlah pimpinan MPR yang telah disahkan menjadi 10 orang.

"Rapat gabungan, satu kita akan buat tatib mengenai Pimpinan MPR. Kan sudah ada UU MD3 kan, sudah diketok dari 8 menjadi 10 (pimpinan MPR). Nah, ini nanti tatibnya akan disesuaikan," ujar Zulkifli, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/9).

Adapun agenda lain yang menjadi pembahasan dalam rapat gabungan nanti, lanjut Zulkifli, yakni soal penghidupan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

"Kita kan dulu sudah sepakat perlunya garis-garis haluan negara untuk direkomendasikan ke MPR yang akan datang. Tentu nanti akan diputuskan seperti apa, tentu di bawa ke sidang penutupan MPR akhir masa jabatan tanggal 27. Intinya ada dua itu," jelasnya.

Berdasarkan agenda yang diterima, rapat gabungan Pimpinan MPR dan DPD akan digelar pada pukul 13.00 WIB di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI secara resmi mengesahkan Rancangan Undang-undang (RUU) Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) menjadi Undang-undang.

Proses persetujuan diambil melalui rapat paripurna ke-VIII tahun sidang 2019-2020 yang digelar di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Senin (16/9). 

Salah satu poin revisi strategis dalam RUU itu adalah menambah kursi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sesuai jumlah fraksi yang duduk di parlemen.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID