logo rilis
Momen Puasa yang Dirindukan Warga Indonesia di Ohio AS
Kontributor
Ning Triasih
28 Mei 2018, 12:02 WIB
Momen Puasa yang Dirindukan Warga Indonesia di Ohio AS
ILUSTRASI: RILIS.ID/Dendi Supratman

RILIS.ID, Jakarta— Berpuasa di luar negeri ternyata tak seindah jika dibandingkan dengan di Indonesia. Itulah yang dialami Widi Kusuma Anggraini atau yang akrab disapa Widi Mcalpine, warga Indonesia yang sudah hampir dua tahun tinggal di Ohio, negara bagian Amerika Serikat (AS).

Kepada rilis.id, Widi mengungkapkan, ada beberapa momen Ramadan di Indonesia yang tak bisa didapat di luar negeri. Itulah alasan mengapa ia mengaku rindu Indonesia saat puasa. Lalu apa saja sih momen-momen Ramadan di Indonesia yang dirindukan Widi?

Sahur dan buka bersama

Seperti yang diketahui, buka bersama alias bukber menjadi salah satu tradisi puasaa di Indonesia. Hal ini rupanya tak ada di luar negeri, sehingga membuat Widi merindukannya.

"Kangen sama Indonesia, kangen sahur dan buka makan bareng," ungkap Widi.

Menu berbuka siap saji

Di Indonesia, menjelang berbuka, banyak penjual dadakan menyuguhkan aneka kuliner buka puasa. Hal ini tentu sangat mempermudah orang-orang yang tak mau repot memasak. Masyarakat hanya tinggal membelinya dan bisa langsung disantap  untuk berbuka. Tapi berbeda dengan di Ohio. Untuk bisa menikmati santapan menu buka khas nusantara, warga Indonesia mau tidak mau harus membuatnya sendiri. Itulah mengapa Widi juga rindu makanan siap saji khas untuk buka puasa yang tinggal beli dan makan saja, tanpa bikin sendiri.

Widi mengungkapkan, menu favorit untuk berbuka adalah gorengan. Tapi, untuk bisa menyantapnya, ia harus membuatnya sendiri. "Kadang udah bikin tapi makan satu biji saja sudah kenyang. Jadi kalau buka kadang apa saja yang ada," ujarnya.

Anak-anak membangunkan sahur

Salah satu tradisi puasa di Indonesia, menjelang sahur, biasanya akan ada sekelompok anak keliling kompleks untuk membangunkan sahur. Umumnya mereka akang menabuh benda-benda dengan suara nyaring dan berteriak "Sahuuur sahur". Hal ini rupanya juga dirindukan Widi. 

"Kangen dengar suara anak-anak keliling bangunin sahur," ucapnya.

Suara azan dari masjid

Ohio merupakan negara dengan penduduk yang mayoritas non muslim. Jadi, tempat ibadah berupa masjid sangat jarang ditemukan di sana. Tak ada masjid, artinya tak bisa mendengarkan suara azan. Berbeda dengan di Indonesia dengan masjid di mana-mana. Rupanya, suara azan dari masjid menjadi salah satu hal yang dirindukan Widi di Ohio.


500
komentar (0)