logo rilis
Momen Bersejarah di Balik Malam Nisfu Syakban
Kontributor
Ning Triasih
30 April 2018, 12:10 WIB
Momen Bersejarah di Balik Malam Nisfu Syakban
ILUSRASI: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Bagi umat Muslim, ada momen yang tak boleh dilewatkan malam ini, yakni Nisfu Syakban (pertengahan bulan Syakban) yang jatuh pada Senin (30/4/2018) nanti malam. Syakban adalah bulan ke-8 tahun Hijriah.

Melansir dari berbagai sumber, Syakban, dari segi linguistik menurut al-Imam Abdurrahman al-Shafury dalam kitab Nuzhat al-Majalis wa Muntakhab al-Nafais mengatakan, kata Syakban adalah singkatan dari huruf Arab "shin" yang berarti kemuliaan (al-syarafu), huruf “'ain” yang berarti derajat dan kedudukan yang tinggi atau terhormat (al-uluw), huruf “ba'” berarti kebaikan (al-birr), huruf “alif” berarti kasih sayang (al-ulfah) dan huruf “nun” yang berarti cahaya (an-nur).

Dalam Hadis Riwayat Imam Nasai, Rasulullah SAW bersabda, "Bulan Syakban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadan.”

Namun, Syakban sangatlah istimewa. Pasalnya, di bulan tersebut, terdapat berbagai peristiwa bersejarah bagi umat Muslim, yakni sebagai beriku:

1. Peristiwa berpindahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsha Palestina menuju Kakbah. Hal ini tercantum dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 144.

2. Turunnya ayat yang menganjurkan untuk membaca selawat kepada Nabi Muhammad SAW, yakni Surat Al-Ahzab ayat 56.

3. Momen yang tak kalah penting yakni di Bulan Syakban, catatan amal manusia di angkat atau penyerahan rekapitulasi keseluruhan amal kepada Allah SWT.

Mengingat begitu banyaknya keistimewaan pada bulan Syakban, para ulama menganjurkan agar umat Muslim mempertebal amalan ibadah, mulai dari puasa sunah, banyak melantunkan dua kalimat syahadat, istigfar dan meningkatkan frekuensi doa khususnya di malam pertengahan Syakban (Nisfu Syakban).


500
komentar (0)