logo rilis
MK Putuskan JK Tak Bisa Maju Kembali, Fahri: PT Nol Persen Lebih Seru Lagi
Kontributor
Nailin In Saroh
28 Juni 2018, 17:28 WIB
 MK Putuskan JK Tak Bisa Maju Kembali, Fahri: PT Nol Persen Lebih Seru Lagi
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menegaskan, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sudah pasti tidak bisa maju lagi sebagai capres ataupun cawapres di Pilpres 2019. 

Pasalnya, Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk menolak gugatan untuk menafsirkan pasal dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Pasal 169 huruf n dan 227 huruf i, di mana menguji frasa Presiden atau Wakil Presiden serta frasa selama 2 kali masa jabatan, dalam jabatan yang sama.

"Artinya sudah fikslah, Pak JK tidak maju lagi," ujar Fahri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Menurut Fahri, spekulasi masyarakat terhadap pencalonan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan semakin kuat dengan ditolaknya gugatan tersebut. Namun peluang itu juga dapat membuat MK membatalkan 20 persen Presidential Threshold (PT). Artinya, masih banyak calon yang ingin bertarung di pilpres.

"Maka kemudian spekulasi di seputar Pak Jokowi menjadi tambah tinggi dan saya kira masih banyak peluang apalagi kalau MK menolkan kembali PT, tambah seru lagi," terang politisi PKS ini.

Apabila ditetapkan ambang batas nol persen, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) disarankannya untuk segera bersiap menghadapi calon presiden yang banyak.

"Saya usulkan ke KPU bersiaplah kalau kandidatnya itu banyak sehingga setiap partai itu, terutama yang sudah di DPR ini, bisa 10 kandidat. Itu bagus menarik kita akan melihat perdebatan yang mencerdaskan rakyat," tandasnya.




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID