Home » Bisnis

Misbakhun Proyeksi Realisasi Pajak 2017 Tak Tercapai

print this page Kamis, 7/12/2017 | 19:37

FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta—  Anggota Komisi XI DPR RI Mukhammad Misbakhun memperkirakan pencapaian target pajak hingga akhir 2017 hanya sekitar 90 persen.

"Saya perkirakan pencapaian pajak 90 persen itu sudah bagus, karena pencapaian sampai akhir November 2017 baru sekitar 80 persen," katanya saat menjadi pembicara pada Forum Olimpiade Pajak Pasca Tax Amnesty di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Menurut Misbakhun, Dirjen Pajak yang baru Robert Pakpahan harus melakukan eksekusi-eksekusi atas putusan akhir yang sudah dilakukan oleh Dirjen Pajak sebelumnya. Ia juga berharap Dirjen Pajak dan jajaran, terus memonitor dan mengeksekusi wajib pajak dan korporasi yang belum membayar pajaknya di akhir tahun.

"Biasanya banyak kewajiban di akhir tahun yang harus diselesaikan," katanya.

Terkait kewajiban yang harus dibayarkan, Misbakhun mencontohkan, Surat Ketetapan Pajak (SKP) yang jatuh tempo pada bulan Oktober-November yang dibayar Desember.

Politisi Partai Golkar ini memperkirakan, meskipun realisasi target pajak sangat sulit mencapai 100 persen, tapi capaian hingga 90 persen sudah merupakan angka aman.

Menurut dia, secara natural terjadi spanning yang tidak terlalu jauh, karena realisasi belanja sekitar 93-94 persen.

Penulis Intan Nirmala Sari
Sumber ANTARA

Tags:

Realisasi PajakMisbakhunPajak 2017Robert Pakpahan