logo rilis
Misbakhun Doakan Gubernur BI Perry Warjiyo Diberi Keberkahan
Kontributor
Yayat R Cipasang
24 Mei 2018, 19:39 WIB
Misbakhun Doakan Gubernur BI Perry Warjiyo Diberi Keberkahan
Gubernur BI Perry Warjiyo. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun mengucapkan selamat kepada Gubernur Bank Indonesia periode 2018-2023 Perry Warjiyo yang telah resmi dilantik pada hari ini, Kamis (24/5/2018).

"Selamat untuk Pak Perry, semoga pelantikan di bulan Suci Ramadan ini direstui oleh Allah SWT sehingga bisa menjalankan amanah dengan baik sebagai orang nomor satu di BI," kata Misbakhun.

Anggota Legislatif dari Daerah Pemilihan Jawa Timur II ini mengatakan tugas yang diemban Perry sebagai Gubernur BI memang tidaklah mudah di tengah merosotnya nilai rupiah terhadap dolar yang merupakan warisan dari Gubernur BI sebelumnya Agus Martowardojo.

"Akan tetapi ada pertanda baik karena rupiah sempat menguat hari ini seiring dilantiknya Pak Perry," ujarnya.

Dia pun berharap agar Perry bisa menjalankan perintah Presiden Jokowi dalam arah kebijakan ekonomi moneter di tengah tantangan ekonomi global yang dinamis.

"Sehingga kebijakan moneter bank sentral bisa sinkron dengan kebijakan fiskal pemerintah Pak Jokowi," ujar Misbakhun

Setelah mengucap sumpah jabatan di Mahkamah Agung, Perry berjanji akan menerapkan langkah-langkah kebijakan moneter yang 'lebih kuat', bersifat mendahului (pre-emptive) dan antisipatif terhadap tekanan ekonomi eskternal. Terutama, dampak dari empat kali kenaikan suku bunga acuan Federal Reserve tahun ini.

"Saya rencanakan untuk lebih pre-emptive, front loading, dan ahead the curve dalam kebijakan respons suku bunga," ucap pria yang menghabiskan lima tahun terakhirnya sebagai Deputi Gubernur BI.

Dia menyebut, BI akan melakukan intervensi ganda untuk menstabilkan kurs rupiah di pasar valas dan surat berharga negara (SBN).


500
komentar (0)