logo rilis
Minyak Dunia Merosot Tajam, Pengamat: Inflasi Bakal Tertahan Asal...
Kontributor
Ainul Ghurri
08 Februari 2018, 12:22 WIB
Minyak Dunia Merosot Tajam, Pengamat: Inflasi Bakal Tertahan Asal...
ILUSTRASI: Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Harga minyak dunia mengalami penurunan tajam pada akhir perdagangan Rabu (7/2/2018). Penurunan harga minyak ini, terjadi setelah data menunjukkan kenaikan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS).

Mengutip dari Reuters, harga minyak mentah Brent North Sea berada di level US$65,28 per barel pada Kamis pukul 01. 04 GMT. Turun 23 sen atau 0,4 persen dari penutupan sebelumnya. Sementara harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) berada di level US$61,58 per barel, turun 21 sen atau 0,3 persen.

Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia Telisa Aulia Falianty menilai, merosotnya harga minyak dunia tentunya bakal berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Hal yang paling mendasar adalah soal pendapatan negara.

Baca: Daya Beli Melemah, Pemerintah Diminta Waspadai Harga Minyak Dunia

"Minyak dunia lagi volatile banget. Kemarin naik sekarang turun. Inflasi bisa terbantu tertahan kalau tren turun agak lama," katanya saat dihubungi rilis.id Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Ia mengatakan, bila inflasi rendah maka nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) juga bakal menguat, asalkan penguatan rupiah bisa dibantu dengan kenaikan ekspor.

"Inflasi diharapkan bisa tertahan di kisaran di bawah 4,0 persen, maka laju rupiah akan menguat. Asal dibantu ekspor naik, tapi ekspor kita juga bisa dipengaruhi harga komoditas. Jadi tergantung tren harga komoditas lain juga," terangnya.

Baca: AS Klaim Mampu Salip Saudi dan Rusia dalam Produksi Minyak

Ia berharap, pemerintah bisa memanfaatkan kondisi penurunan minyak dunia, dengan inflasi yang rendah untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Sehingga konsumsi bisa terjaga dan ekonomi nasional semakin pulih.

"Bahkan membaik dampaknya terhadap suku bunga. Suku bunga harus diusahakan agar turun," tutupnya.

Editor: Elvi R




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID