logo rilis

Minta Anies Stop Revitalisasi Monas, Puan: Kembalikan seperti Aslinya!
Kontributor
Nailin In Saroh
23 Januari 2020, 13:30 WIB
Minta Anies Stop Revitalisasi Monas, Puan: Kembalikan seperti Aslinya!
Kawasan Monas. FOTO: RILIS.ID/Fajar Alim Mutaqin

RILIS.ID, Jakarta— Ketua DPR RI Puan Maharani, menyoroti rencana Pemprov DKI Jakarta untuk merevitalisasi Monumen Nasional (Monas). Puan meminta agar ikon kota Jakarta itu tidak diubah dan dikembalikan seperti aslinya. 

"Jangan ubah Monas, tapi kembalikan Monas seperti aslinya," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Bukan hanya DKI Jakarta, menurut Puan, Monas juga merupakan ikon penting bagi Indonesia. Karena itu, dia menilai, keberadaan Monas harus tetap dijaga.

"Kembalikan dan maksimalkan Monas itu sebagai ikon Republik Indonesia, bukan hanya DKI Jakarta saja," tegas politisi PDIP itu. 

Revitalisasi Monas dimulai sejak November 2019. Namun, proyek ini baru menjadi sorotan lantaran sejumlah pohon yang ditanam puluhan tahu lalu ditebang demi revitalisasi tersebut. 

Setidaknya, Pemprov DKI menebang sekitar 190 pohon di kawasan Monas sebagai bagian proses revitalisasi.

Pohon-pohon yang sebelumnya memenuhi sisi selatan Monas kini tidak terlihat. Yang tampak hanya tanah merah, pagar besi, dan beton-beton yang sedang dibangun.

Dalam rancangan revitalisasi Monas, Pemprov DKI akan membangun lapangan plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas, baik di wilayah selatan, timur, maupun barat.

Pemprov DKI juga akan membangun kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas.

Revitalisasi ini bersamaan dengan revitalisasi Masjid Istiqlal dan kawasan di sekitar Lapangan Banteng, ketiga wilayah tersebut nantinya akan terhubung dengan jalur pejalan kaki yang lebar dan rapi. 

 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID