logo rilis
Minggu Depan Golkar Umumkan Rotasi Pimpinan Komisi di DPR
Kontributor
Nailin In Saroh
22 Maret 2018, 20:48 WIB
Minggu Depan Golkar Umumkan Rotasi Pimpinan Komisi di DPR
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto (kedua kanan) bersama Ketua Fraksi Golkar DPR Melchias Marcus Mekeng (kedua kiri) dan Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) saat pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar, di Jakarta, Kamis (22/3/2018). Rakernas Partai Golkar 2018 membahas strategi pilkada serentak 2018 dan pemilu 2019 yang mencalonkan kembali Joko Widodo sebagai Presiden dua periode. FOTO:RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Melchias Marcus Mekeng yang baru ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPR membenarkan adanya rotasi sejumlah Pimpinan Alat Kelengkepan Dewan (AKD) dari fraksinya.

Mekeng menyebutkan, pergantian tersebut langsung diperintahkan oleh DPP Partai Golkar untuk penyegaran di Parlemen.

"Ketua Fraksi sudah dibacakan dalam paripurna. Rotasi pimpinan yang beredar betul. Kita dapat surat dari DPP ada rotasi. Dan itu biasa karena kita melihat dari masing-masing anggota, dan kita butuh penyegaran, rolling, supaya setiap orang punya kesempatan yang sama," ujarnya kepada rilis.id di sela Rakernas Partai Golkar di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (22/3/2018).

Baca: Golkar Rombak Susunan Pimpinan Komisi di DPR

Terkait siapa saja yang dirotasi menjadi pimpinan komisi, mantan Ketua Komisi XI DPR ini mengatakan akan diumumkan pada pekan depan.

"Nanti saya buat press conference, minggu depan," singkatnya.

Di kesempatan berbeda, Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar Eni Saragih mengaku belum mendapat surat perintah dari DPP Golkar. Eni dikabarkan, menjadi pimpinan komisi VII sebagai wakil ketua menggantikan Satya Widya Yudha.

"Insya Allah, belum ada suratnya. Nanti kalau ada surat (diberitahu, red)," kata Eni.

Dari kabar yang beredar, Fraksi Golkar melakukan perombakan sejumlah pimpinan Komisi di DPR.

Adapun Satya Widya Yudha yang sebelumnya menjadi wakil ketua komisi VII, kini ia dipercaya menjadi pimpinan di Komisi I DPR.

Sementara, Ketua Komisi II DPR tetap dijabat oleh Zainudin Amali. Ketua Komisi III tetap Kahar Muzakir, dan Wakil ketua Komisi IV tetap Roem Kono. 

Adapun perubahan pimpinan di komisi lain, yakni Ibnu Munzir sebagai Wakil Ketua Komisi V. Dito Ganinduto menjadi Wakil Ketua Komisi VI, Eni Maulani Saragih sebagai Wakil Ketua Komisi VII, Ace Hasan Syadzily sebagai Wakil Ketua Komisi VIII, Hetifah Sjaifudian menjadi pimpinan Komisi IX, dan Ikhsan Firdaus di Komisi X DPR.

Sedangkan Ketua Komisi XI DPR menggantikan Mekeng belum ditetapkan. Begitupula, posisi Ketua Badan Anggaran DPR. 

Editor: Eroby JF


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)