logo rilis
Meski Divonis Bebas, Alfian Tanjung Tetap Dibui 2 Tahun
Kontributor

08 Juni 2018, 19:14 WIB
Meski Divonis Bebas, Alfian Tanjung Tetap Dibui 2 Tahun
Alfian Tanjung. FOTO: Facebook Alfian Tanjung

RILIS.ID, Jakarta— Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Alfian Tanjung atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, terkait kasus ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo. Dengan begitu, dia tetap divonis dua tahun penjara.

"Amar putusan menolak permohonan kasasi Jaksa Penuntut Umum dan terdakwa, Drs Alfian Tanjung MPd alias Alfian alias Alfian Tanjung," demikian bunyi putusan MA yang diterima di Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Perkara tersebut diketuai Hakim Agung Andi Samsan Nganro, dengan anggota Eddy Army dan Margono. Perkara diputuskan Kamis (7/6).

Kasus ini, bermula dari laporan warga "Kota Pahlawan", Sujatmiko, setelah menonton video ceramah Alfian di Masjid Al Mujahidin, Tanjung Perak, Surabaya. Dalam ceramahnya, dia menyebut pemerintahan Jokowi pendukung Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada 13 Desember 2017, PN Surabaya menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada Alfian, lantaran dianggap terbukti melakukan ujaran kebencian. Sejurus kemudian, dia mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya.

Namun, permohonan tersebut ditolak. Dengan demikian, tetap harus menjalani kurungan badan dua tahun.

Sebagai informasi, kasus tersebut berbeda dengan perakara ujaran kebencian oleh Alfian yang disidangkan di PN Jakarta Pusat dan diputus 30 Mei 2018. Pada kasus itu, dia divonis bebas.

Baca: Sebut Ada Anggota PKI di PDIP, Alfian Tanjung Divonis Bebas

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)