logo rilis
Meski Bingung, Korsel Tetap Dukung Pembatalan Trump Bertemu Kim Jong-un
Kontributor
Syahrain F.
26 Mei 2018, 20:01 WIB
Meski Bingung, Korsel Tetap Dukung Pembatalan Trump Bertemu Kim Jong-un
Bendera Korsel. FOTO: Ist

RILIS.ID, Seoul— Kantor Kepresidenan Seoul mengeluarkan pernyataan mendukung keputusan Presiden AS Donald Trump yang membatalkan konfirmasi pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un yang dijadwalkan pada 12 Juni, melansir kantor berita Anadolu Agency

Kantor Berita Yonhap melaporkan, Juru Bicara Kepresidenan Korsel Kim Eui-kyeom menyambut baik keadaan bahwa kemungkinan dialog Korea Utara-AS masih bisa dihidupkan tanpa jalan buntu. 

Sehari sebelumnya, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengaku bingung dengan pembatalan pertemuan Trump-Kim yang direncanakan di Singapura.

Presiden Trump memutuskan mengenai pertemuan itu dalam surat terbuka pekan ini sebagai tanggapan atas ancaman perang dari rezim Pyongyang menyusul ketidaksepakatan yang jelas tentang bagaimana Korea Utara akan memenuhi janji denuklirisasi.

Namun Korea Utara mengeluarkan pernyataan lebih lanjut pada hari Jumat yang menekankan kesediaannya untuk mengadakan dialog dengan AS.

Trump menjawab di kemudian hari dengan menyatakan di media sosial bahwa pihaknya sedang melakukan pembicaraan "sangat produktif" dengan Korea Utara.

Dia mengatakan pertemuannya dengan Kim masih "mungkin" akan terjadi pada 12 Juni di Singapura.


500
komentar (0)