logo rilis

Meski Bersama, Ketiga Partai Ini Takkan Berkoalisi pada Pilpres
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
13 Januari 2018, 23:19 WIB
Meski Bersama, Ketiga Partai Ini Takkan Berkoalisi pada Pilpres
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), diyakini takkan berkoalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Sebab, belum ada tanda-tanda ketiganya akan bersatu pada poros sama.

"Tampaknya bisa jadi sulit, kalau di level nasional. Karena, prakondisinya belum tercipta," ujar pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, kepada rilis.id, Sabtu (13/1/2018).

Gerindra dan PKS diketahui berkoalisi dengan PDIP mengusung Saifullah Yusuf atau Gus Ipul-Puti Guntur Soekarnoputri di Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Koalisi terjadi, karena keduanya gagal membentuk poros baru bersama Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, katanya, ketiga partai itu juga berkoalisi dalam Pilkada 2015 dan 2017. Namun, sinergi yang terjadi di tingkat lokal melalui pilkada tak bisa menjadi patokan Pilpres 2019 mendatang.

"Pengalaman empirik Pilkada tahun 2015, 2017, dan saat ini 2018, tidak bisa disimpulkan kemungkinan terbangunnya koalisi antara PDIP, Gerindra, dan PKS," jelas Wiwiek, sapaannya.

"Artinya, meskipun politik itu dinamis dan serba mungkin. Tapi, kalau prakondisinya tak tercipta dan tak diciptakan, maka tak akan terwujud," tuntasnya.


#Pilkada 2018
#Pilpres 2019
#PDIP
#Gerindra
#PKS
#LIPI
#Siti Zuhro
Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)