logo rilis
Meski Banjir, SD di Gorontalo Tetap Laksanakan Ujian
Kontributor
Kurniati
30 April 2018, 15:54 WIB
Meski Banjir, SD di Gorontalo Tetap Laksanakan Ujian
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Gorontalo— Siswa di Sekolah Dasar Negeri 9, Desa Hutabohu, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, tetap melaksanakan ujian sekolah walaupun dalam kondisi banjir.

Air banjir yang menggenangi ruangan kelas mencapai 40 centimeter yang diakibatkan hujan yang mengguyur di daerah itu.

Kepala Sekolah SDN 9 Hutabohu, Roni Paudi,  mengatakan kondisi seperti ini sudah sering terjadi setiap kali musim hujan tiba.

"Hal ini dikarenakan kondisi atau letak dari sekolah yang berada lebih rendah dari jalan yang ada di depan sekolah, juga di akibatkan oleh kondisi drainase yang sudah tersumbat," jelasnya, Senin (30/4/2018).

Camat Limboto Barat, Hasni D. Lamanasa, mengatakan, DPRD sudah meninjau kondisi sekolah ini pada hari Sabtu (30/4/2018) kemarin dalam agenda reses mereka.

Menurut DPRD, kata Camat Limboto Barat, penanganan dari kondisi ini akan diupayakan masuk dalam pembahasan anggaran perubahan tahun ini.

"Hal ini sangat miris mengingat lokasi sekolah yang berada sangat dekat dengan pemukiman warga namun kondisinya memprihatinkan saat hujan turun. Dan Alhamdulillah para anggota legislatif mengatakan akan mengupayakan penanganannya masuk pada pembahasan perubahan anggaran tahun ini," ucap Hasni saat meninjau langsung kondisi dari salah satu sekolah pelaksana ujian.

Sementara itu, Korwil Kecamatan Limboto Barat, Usman Rasid, mengatakan pihaknya sudah meminta kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo untuk memindahkan lokasi pelaksanaan Ujian Sekolah ke sekolah lain yang tidak terendam air agar pelaksanaan ujian berlangsung dengan baik.

"Saya sudah meminta izin kepada pihak Dikbud untuk memindahkan lokasi pelaksanaan ujian ke sekolah lain. Alhamdulillah ini di ijinkan, dengan catatan ke sekolah yang masih satu gugus dengan SDN 9 Limboto Barat yakni di gugus Melati," ucap Usman.

Ia menjelaskan, setelah pelaksanaan ujian hari ini, pihaknya akan segera memindahkan lokasi pelaksanaan ujian hari berikutnya di SDN 10 Desa Hutabohu.

Di wilayah Limboto Barat peserta USBN Sekolah Dasar tahun ini berjumlah 295 siswa, yang mengikuti ujian di empat titik pelaksanaan ujian, yakni di SDN 9 Desa Hutabohu (Gugus Melati), SDN 3 (Gugus Mawar), SDN 13 (Gugus Sakura), SDN 11 dan SDN 16 (Gugus Cempaka).
 

Sumber: ANTARA


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)