logo rilis
Merkel Kecam Sikap Trump soal Nuklir Iran
Kontributor
Syahrain F.
12 Mei 2018, 11:09 WIB
Merkel Kecam Sikap Trump soal Nuklir Iran
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden AS Donald Trump bertemu di Oval Office, di Gedung Puith, Washington, 17 Maret 2017. Credit: Reuters/Jonathan Ernst

RILIS.ID, Berlin— Kanselir Jerman mengecam Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas langkah sepihaknya menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran.

“Saya percaya bahwa tidak benar secara sepihak membatalkan persetujuan yang telah dipilih dan disetujui dengan suara bulat di Dewan Keamanan PBB. Itu merusak kepercayaan dalam tatanan internasional," kata Kanselir Angela Merkel pada konferensi internasional di kota Munster, Jerman utara, Jumat (11/5/2018).

Dia mengatakan, perjanjian antara kekuatan dunia dan Iran "jauh dari ideal" tetapi merupakan kompromi penting yang dicapai setelah 12 tahun negosiasi.

Melansir Anadolu Agency, Trump pada Selasa menarik AS keluar dari kesepakatan penting pada tahun 2015 dan menuduh Iran telah berbohong tentang program nuklirnya.

Presiden AS juga menuding Teheran telah mendestabilisasi kawasan itu dengan "kegiatan jahat" di Suriah, Yaman, dan tempat-tempat lain di seluruh dunia.

Sementara Merkel menegaskan kembali komitmen Jerman terhadap kesepakatan nuklir dengan Iran. Namun, dia juga mengkritik dengan tajam sikap Iran terhadap Israel, program rudal balistik dan kegiatannya di Suriah.

Sebelumnya pada hari Kamis, Kanselir Jerman mengusulkan pembicaraan baru dengan Iran mengenai masalah yang disengketakan ini melalui panggilan telepon dengan presiden Iran Hassan Rouhani.

Juru bicaranya mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Kanselir berbicara dalam rangka mendukung diadakannya pembicaraan antara negara-negara yang terlibat dengan kesepakatan nuklir Iran dan aktivitas mereka di wilayah tersebut seperti Suriah dan Yaman," katanya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)