logo rilis
Merapi Waspada, BPBD Siagakan Kendaraan Evakuasi di Sekolah
Kontributor
Kurniati
22 Mei 2018, 12:07 WIB
Merapi Waspada, BPBD Siagakan Kendaraan Evakuasi di Sekolah
Merapi saat erupsi freatik pertama. FOTO: Instagram/@agnisulis_

RILIS.ID, Yogyakarta— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, DIY menyiagakan sejumlah kendaraan evakuasi di beberapa sekolah di sekitar Merapi, setelah dinaikkannya status gunung tersebut dari normal ke waspada, sejak pukul 23.00 WIB.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, beberapa armada evakuasi yang stand by tersebut ditempatkan di sekolah ada di SD Kaliurang 1, SD Tritis, SD Srunen Glagaharjo 2, SD Umbulharjo, SD Kepuharjo.

"Kendaraan tersebut difungsikan untuk mengevakuasi anak-anak sekolah maupun masyarakat sekitar jika sewaktu-waktu terjadi erupsi Merapi," katanya di Sleman, Pakem, Selasa (22/5/2018). 

Makwan menyebut, BPBD Sleman juga telah menyiapkan bantuan darurat berupa selimut, masker, logistik, terpal, air mineral, mie instan, minyak goreng, sarden dan gula bagi warga yang mengungsi. 

"Kita melakukan respon cepat dengan mengarahkan warga ke titik-titik kumpul aman, aktivasi tempat pengungsian dan distribusi bantuan darurat," katanya.

Sementara untuk unsur yang terlibat penanganan sebanyak sekitar 1.500 orang terdiri dari instansi pemerintah, swasta dan relawan.


500
komentar (0)