logo rilis
Menteri Rudiantara Janjikan Bandwith Besar untuk Asian Games 2018
Kontributor

27 Juli 2018, 15:03 WIB
Menteri Rudiantara Janjikan Bandwith Besar untuk Asian Games 2018
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. FOTO: Kemkominfo

RILIS.ID, Jakarta— Jaringan telekomunikasi dan internet dengan bandwith besar menjadi prioritas pendukung Asian Games yang akan berlangsung pada Agustus sampai September 2018. 

Komitmen itu disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kemarin sambil mengatakan, fasilitas itu diutamakan saat pembukaan dan penutupan Asian Games.
 
"Fokus kami bukan cuma di pertandingan tapi juga di acara pembukaan dan penutupan di stadion GBK. Sebab perhatian terbanyak biasanya di pembukaan dan penutupan. Skenarionya bakal dihadiri 80 ribu sampai 90 ribu penonton," kata  Rudiantara seperti dikutip dari laman Kemkominfo, Jumat (27/7/2018).

Kemkominfo bersama operator telekomunikasi dan internet, kata Rudiantara, akan menyediakan akses wifi gratis di setiap venue yang ada di Stadion GBK, Jakarta dan Jakabaring, Palembang. 

"Di Gelora Bung Karno telah disiapkan kekuatan dan kapasitas jaringan telekomunikasi dan internet yang mampu menangani kebutuhan pengunjung atau penonton," katanya.

Kecenderungan penonton di arena pertandingan Asian Games 2018 yang ingin berfoto dan mengabadikan momen, pasti soal kecepatan.  "Mereka tidak ingin postingan di medsos mereka tertunda, mereka tidak ingin menunggu setelah pulang baru posting. Bila perlu setelah foto langsung posting," tuturnya.

Kondisi itu menurutnya akan membawa konsekuensi peningkatan kebutuhan kapasitas jaringan internet. "Kalau jaringan data seluler tidak mungkin kita lakukan. Karena memang seluler dirancang tidak demikian sehingga kami perlu meninjau kesiapan infrastruktur tersebut,” katanya.

Saat ini yang disediakan akses badwith sampai 10 GBps, dan secara nyata pengalaman user bisa mencapai 91 MBps.   “Kami menyediakan bandwith sampai 10 GBps, ada lebih dari 400 akses poin di Stadion Utama GBK yang sudah terpasang.  Saya juga meminta untuk disiapkan pasokan cadangannya tiga atau empat kali lipat dari yang disediakan," tuturnya.

Menteri Rudiantara mengungkapkan nanti pada saat Asian Games mendatang, akan ada uji coba 5G untuk mencoba aplikasi mobil otonom. "Nanti pada saat Asian Games ada uji coba aplikasinya untuk mobil otonom, kendaraan tanpa supir," paparnya.

Salah satu maanfaat jaringan 5G adalah efisiensi yang diusung jika dibanding teknologi jaringan sebelumnya. Pemanfaatan Internet of Things diharapkan akan meningkat dengan jaringan 5G tersebut. 

Menteri Kominfo mengatakan uji coba 5G dalam Asian Games 2018 akan dilakukan Telkomsel.  "Frekuensi 5G yang akan digunakan tidak akan terlalu besar, yakni sekitar 3 GB, namun masih ada kemungkinan untuk dibuka pada 8 GB,"  ujarnya. 




Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)





2019 | WWW.RILIS.ID