logo rilis
Menteri PUPR Dorong Pekerja Tingkatkan Kompetensi
Kontributor
Elvi R
04 April 2018, 14:52 WIB
Menteri PUPR Dorong Pekerja Tingkatkan Kompetensi
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. FOTO: Humas PUPR

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong pekerja meningkatkan kompetensinya. Hal ini dilakukan seiring maraknya kecelakaan kerja dan dinilai menjadi peringatan agar tenaga kontruksi lebih meningkatkan kualitasnya. Menurutnya, seluruh tenaga kerja harus mengikuti training. 

"Adanya kecelakaan kerja, merupakan peringatan bagi kita untuk lebih mempersiapkan diri lebih baik dalam berkarya," kata Basuki di depan 396 peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Beton Pracetak Prategang Konstruksi Jalan Layang di di Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Basuki menerangkan, kegiatan pelatihan merupakan agenda rutin yang telah dilakukan Kementerian PUPR sejak 2015 lalu, dengan melakukan training kepada 200 insinyur untuk menjadi ahli bendungan.

Lebih lanjut, dia menerangkan, Bimtek ke 396 ini, PUPR bekerja sama dengan Ikatan Ahli Pracetak Prategang Indonesia (IAPPI) dan Asosiasi Perusahaan Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I).

"Tujuan bimbingan tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi pekerja konstruksi khususnya untuk pekerjaan beton pracetak prategang  konstruksi jalan layang," paparnya.

Sedangkan, peserta pelatihan ini merupakan para pekerja dari berbagai perusahaan kontraktor, konsultan pengawas dan konsultan perencana yang terlibat dalam proyek konstruksi layang baik yang didanai APBN, BUMN, ataupun swasta, termasuk 10 orang dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya.

"Anggota kepolisian dalam Bimtek ini penugasan dari Pak Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk membekali penyidik mengenai pengetahuan konstruksi sehingga bisa mengawal pelaksanaan konstruksi di lapangan," pungkasnya dalam keterangan pers kepada rilis.id.


500
komentar (0)