logo rilis

Menteri ESDM Usulkan Listrik Gratis bagi Pengungsi Sinabung
Kontributor
Ainul Ghurri
20 Maret 2018, 22:44 WIB
Menteri ESDM Usulkan Listrik Gratis bagi Pengungsi Sinabung
FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Karo— Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengusulkan kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN/Persero) untuk menggratiskan listrik kepada pengungsi Gunung Sinabung, Karo Sumatera Utara.

"Saya memang mendapat keluhan dari warga untuk listrik, saya sudah usul ke PLN kalau bisa," ujarnya saat mengunjungi pos pengamatan Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (20/3/2018).

Menurutnya, usulan tersebut dapat meringankan beban kebutuhan sehari warga pengungsi Sinabung. Jonan mengaku, dirinya sudah menghubungi Dirut PLN untuk menerangi kawasan yang menempati hunian sementara.

"Sementara, soal listrik diharapkan masing-masing memiliki satu token, harapannya digratiskan," imbuhnya.

Nantinya, untuk penerangan jalan umum, pihaknya bakal membangun tenaga surya di tiga lokasi hunian sementara. Antar lain, tiap lokasi ada 100 rumah tipe 21. Diketahui, 348 keluarga yang telah mengungsi di hunian sementara.

"Sekarang, menurut laporan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), tarifnya nonsubsidi. Saya sudah bilang kalau bisa, karena ini kan cuma 348 kepala keluarga di hunian. Sementara, kalau bisa ditinjau dari waktu ke waktu, diberikan gratis lah gitu," terangnya.

Editor:


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)