Home » Peristiwa » Nasional

Menteri Amran Sulaiman: Investasi Bisa Bantu Pembangunan Daerah

print this page Selasa, 17/10/2017 | 18:06

Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman. Istimewa

RILIS.ID, Kendari— Menteri Pertanian Republik Indonesia Amran Sulaiman mengungkapkan investasi bisa membantu pembangunan di daerah. Karena itu, dia berharap masyarakat turut bekerja sama menjaga iklim investasi di daerah.

Menurutnya, ada dua instrumen yang bisa membantu perekonomian didaerah diantaranya investasi dan ekspor.

"Inilah kami ingin sampaikan di kampus-kampus, dijaga. Kalau investor bisa mengangkat ini negeri. Ada dua hal, investasi dan ekspor," kata Amran Sulaiman di Kendari, Senin (2/10/2017).

Dengan alasan itu, menteri asal Sulawesi Selatan itu berharap iklim investasi mesti dijaga. Dia meminta pada mahasiswa dan LSM agar tidak melakukan protes berlebihan yang akan menghambat arus investasi masuk.

Dia mencontohkan kondisi belakangan, banyak investasi yang akhirnya hengkang keluar negeri lantaran terus diganggu. Namun begitu, permasalahan itu cepat diatasi oleh pemerintah Jokowi-JK agar iklim investasi kembali pulih.

Kamampuan negara juga mengalami keterbatasan menyejahterakan melalui APBN.  Sehingga investasi yang masuk mesti dijaga begitu juga dengan sistem birokrasi mesti didesain untuk memudahkan masuknya investasi.

"Enggak ada yang lain. APBN terbatas, investasi ini. Nah, di negara lain, beberapa negara izinnya hanya satu jam. Itu sudah bisa langsung," pungkasnya.

Penulis Armidis Fahmi
Editor Yayat R Cipasang

Tags:

Amran SulaimanInvestasi APBN Kementan