Home » Bisnis

Menteri Amran Minta Barito Utara Terus Kembangkan Tanaman Jagung

print this page Selasa, 14/11/2017 | 23:35

Menteri Amran sela panen jagung di Barito Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (14/11/2017). FOTO: Humas Kementan

RILIS.ID, Barito Utara— Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, meminta Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, terus fokus mengembangkan tanaman jagung. Agar lebih bersemangat, Kementerian Pertanian (Kementan) mengucurkan sejumlah bantuan.

"Saya sudah lihat dari udara tadi dengan Gubernur, ketika mau ke sini," ujarnya kala mendarat di Desa Batu Raya I, Kecamatan Gunung Timang, Barito Utara, Kalteng, Selasa (14/11/2017). Bantuan yang diberikan sebesar Rp100 miliar atau setara 50 ribu hektare tanaman jagung serta 5 traktor roda empat dan 4 alat panen.

Setibanya di lokasi, Menteri Amran yang didampingi Gubernur Sugianto Sabran dan Anggota Komisi IV DPR Hamdani, disambut Bupati Nadalsyah dan masyarakat adat dengan upacara "Potong Hompong". Kemudian, melakukan panen jagung.

Kemudian, dia sempat berdialog dengan para petani. Salah satunya, mengenai manfaat bantuan pemerintah. "Sangat membantu," jawab kompak puluhan petani. Begitu pula soal harga, lantaran sekitar Rp3.000-Rp3.200 per kilogram di tingkat petani.

Menteri Amran menerangkan, semua itu dilakukannya, karena kecintaan Presiden terhadap rakyat, khususnya petani. "Bapak Presiden yang perintahkan semua ini untuk petani Indonesia. 'Jangan pernah sakiti petani'. Itu pesan Bapak Presiden," ungkapnya.

Peraih gelar doktor dari Universitas Hasanuddin (Unhas) ini juga meminta segenap unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat bersinergi serta mengawal kegiatan yang difokuskan kepada petani dan masyakat ekonomi lemah.

Sementara itu, Bupati Nadalsyah menyampaikan terima kasih atas nama bantuan yang diberikan. Apalagi, Program Upaya Khusus Padi, Jagung, dan Kedelai (Upsus Pajale) menggairahkan petani Barito Utara kala harga karet jatuh. "Semua merasa puas. Bahkan, saat ini petani Barito sudah bisa jalan-jalan dan berbelanja perhiasan," ungkapnya.

Sedangkan Gubernur Sugianto, meminta semua aparatur pimpinan daerah sungguh-sungguh bekerja sama untuk rakyat. "Tindak semua oknum yang merugikan rakyat, apa itu pupuk, gas, atau apa saja," tegasnya. Alsintan dari Kementan pun diminta tak dibiarkan menganggur.

Pada kesempatan sama, Hamdani berharap, seluruh masyarakat tani mendukung program pemerintah untuk menyejahterakan ekonomi petani. "Saya dan seluruh teman Anggota Komisi IV DPR terus concern untuk mendukung Program Pajale," ucapnya.

Penulis Fatah Sidik
Editor Sukarjito

Tags:

KementanAmran SulaimanJagungUpsus PajaleBarito Utara

loading...