logo rilis
Menperin: Pemerintah Komitmen Tingkatkan Industri Manufaktur 
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
08 Mei 2018, 16:19 WIB
Menperin: Pemerintah Komitmen Tingkatkan Industri Manufaktur 
Diskusi mingguan KAHMI. FOTO: RILIS.ID/Zulhamdi Yahmin

RILIS.ID, Jakarta— Pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian, berkomitmen akan terus meningkatkan industri manufaktur di Indonesia. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mengatakan, komitmen itu menjadi bagian dari strategi pemerintah melalui Making Indonesia 4.0. 

"Indonesia saat ini dipandang sebagai salah satu negara industri besar di dunia. Pemerintah juga telah berkomitmen untuk meningkatkan industri manufaktur," kata Airlangga dalam sambutannya yang dibacakan Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA) Achmad Sigit di KAHMI Center, Jakarta, Selasa (8/5/2018). 

Airlangga menambahkan, Indonesia telah dipandang berhasil meningkatkan iklim industri oleh Bank Dunia. Bahkan, Bank Dunia juga optimis dengan perkembangan ekonomi Indonesia di masa depan. 

"Bank Dunia memproyeksikan Indonesia akan berada di 10 negara terbesar tingkat perekonomiannya di tahun 2030," ujarnya. 

Revolusi Industri 4.0, ungkap Airlangga, adalah perkembangan dari revolusi industri sebelumnya. Melalui Making Indonesia 4.0, dirinya optimis akan masa depan industri nasional. 

Sementara itu, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Laode M Kamaludin, mengatakan, Indonesia memiliki potensi menjadi negara besar perekonomiannya di 2030. Namun, hal itu terjadi bila pemerintah serius dalam menyiapkan generasi mudanya, terutama di sektor pendidikan. 

Laode menilai, Indonesia saat ini belum serius dalam menyiapkan kebutuhan teknis dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Sehingga, dirinya khawatir, Indonesia justru tidak bisa memanfaatkan peluang bonus demografi tersebut. 

"Semangat menjadikan negara maju di 2030 lewat generasi emas jangan sampai jadi generasi cemas. Industri berkembang, perguruan tinggi berkembang. Tapi, link and match-nya belum terlihat dengan baik," paparnya.

Editor: Eroby JF


500
komentar (0)