logo rilis
Menpar Berharap KEK Pariwisata Tanjung Gunung Segera Ditetapkan
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
14 April 2018, 14:41 WIB
Menpar Berharap KEK Pariwisata Tanjung Gunung Segera Ditetapkan
Menteri Pariwisata, Arief Yahya. FOTO: Biro Komunikasi Publik Kemenpar

RILIS.ID, Pangkal Pinang— Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau persiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung dan Pesisir Timur Sungailiat yang ada di Pulau Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Dalam kesempatan itu, Arief berharap, dua  kawasan tersebut segera ditetapkan sebagai KEK Pariwisata seperti halnya Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang kini dalam percepatan pembangunan.

“KEK Pariwisata Tanjung Gunung diharapkan dapat ditetapkan dalam waktu 3 bulan, seperti KEK Tanjung Kelayang di Belitung,” kata Menteri Arief melalui siaran persnya, Sabtu (14/4/2018).

Arief mengatakan, Pemerintah Provinsi Babel harus mampu melakukan perubahan pendapatan anggaran daerahnya yang selama ini didominasi oleh pertambangan. Sehingga, perlu segera menetapkan KEK Pariwisata Tanjung Gunung dan Pesisir Timur Sungailiat agar transformasi ekonomi dari pertambangan ke pariwisata terwujud.

"Transformasi haruslah berawal dari CEO commitment dan menerapkan change agent. Wins the future, wins the game. Bahwa  pemimpin harus mempunyai visi ke depan. Memenangkan peperangan, tanpa peperangan (Blue Ocean Strategy) juga lihai dalam perencanaan dan cerdas menangkap peluang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pariwisata merupakan industri jasa yang paling mudah, murah, dan cepat serta berkelanjutan. Provinsi Babel dengan keunggulan lokasi yang memiliki leverage global berpeluang membuat terobosan yang berarti dengan melakukan transformasi tiga lapangan usaha utama tersebut.

“Penurunan kontribusi sektor pertambangan harus bisa digantikan sektor lain yang mengedepankan pembangunan ramah lingkungan dan berkelanjutan, semisal pariwisata yang telah terbukti lebih murah, lebih cepat memberikan hasil dan telah menjadi penyumbang devisa nasional nomor dua,” jelas Arief.

Sementara itu, Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, pada kesempatan tersebut mendorong para pelaku bisnis pariwisata segera mewujudkan bisnis model KEK Pariwisata.

“Yakinlah dengan pariwisata, Bangka Belitung akan semakin maju,” tandasnya.


500
komentar (0)