logo rilis
Menpan-RB Sebut CPNS 'Zaman Now' Butuh Metode Pelatihan Baru
Kontributor
Elvi R
20 Maret 2018, 12:12 WIB
Menpan-RB Sebut CPNS 'Zaman Now' Butuh Metode Pelatihan Baru
ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pendayagunan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyebut, Calon Pegawai Negeri (CPNS) 'Zaman Now' perlu pelatihan dengan model kekinian. Menurutnya, pelatihan yang diselenggarakan untuk para CPNS juga harus tepat sasaran dan benar.

"Pelatihan dasar yang diberikan tidak boleh menggunakan metode lama, karena dunia sudah berubah dan para CPNS harus dapat menguasai teknologi informasi dengan tujuan dapat bersaing dan tidak kalah dengan aparatur di negara lain," ujar Asman, di Jakarta, Selasa (20/3/2018). 

Asman menyebut, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota juga harus melakukan pembentukan karakter CPNS. Salah satunya dengan memberikan contoh sikap disiplin dan berbudaya.

"Para kepala OPD harus menjadi teladan bagi teman-teman CPNS, selain itu para senior pun harus memberikan pembelajaran yang bernilai positif, harus menularkan budaya semangat bekerja dan melayani,” katanya.

Politisi Partai Amanat Naisonal (PAN) menuturkan, CPNS yang belum mengerti tentang tugas dan fungsinya harus dilakukan pembimbingan dan pengajaran dari senior di lingkungan kerjanya. 

"Sebagai rekan kerja para senior harus mendorong CPNS agar dapat bekerja secara profesional serta menciptakan terobosan dan inovasi dalam tugas dan fungsinya," paparnya.

Asman menilai, jika contoh positif diberikan oleh Kepala OPD dan ASN maka akan diikuti oleh CPNS lainnya. Salah satu contoh sikap yang layak ditularkan seperti datang ke kantor tepat waktu dan tahu apa yang dikerjakan sebagai aparatur negara. 

"Jangan sampai datang tepat waktu karena takut ditegur oleh atasan atau takut dipotong tunjangan," tegasnya.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)