logo rilis

Menpan-RB: Kuota CPNS 2018 Belum Diputuskan
Kontributor
Tio Pirnando
20 Maret 2018, 18:11 WIB
Menpan-RB: Kuota CPNS 2018 Belum Diputuskan
Menristekdikti M. Nasir bersama Menpan-RB Asman Abnur di Kantor Kemeristekdikti, Jakarta, Selasa (20/3/2018). ILUSTRASI: RILIS.ID/Hafidz Faza

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur mengatakan, pemerintah belum memutuskan berapa jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan diterima pada 2018. Karena, saat ini pemerintah sedang mengkaji kebutuhan dan kuota CPNS. 

Kendati demikian, Asman mengakui, kekosongan jabatan akibat ratusan ribu PNS yang akan pensiun pada 2018 akan diantisipasi.

"Kuota belum kita putuskan yang jelas yang pensiun saja 220 ribu tahun ini," ujar Asman di Kantor Kemeristekdikti, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Asman mengatakan, pemerintah akan menggunakan sistem minus growth atau zero growth. Bahkan, rekrutmen CPNS 2018 ini juga diprioritaskan kepada calon-calon yang berpendidikan dan memiliki keterampilan (skill). Hal itu sangat penting untuk mendukung sistem e-Government yang diterapkan di masa depan.

Karena, e-Government itu akan memaksimalkankan fungsi seseorang dan meminimlkan ketergantungan kepada orang lain dalam bekerja.

Namun, untuk jumlah CPNS yang akan diterima dan posisinya apa saja, Asman menegaskan, Kemenpan RB belum memutuskan.

"Kita terapkan biasanya minus growth atau zero growth. Ini detailnya belum diputuskan, termasuk Menristekdikti juga membutuhkan dosen-dosen baru, nanti kita membicarakan lagi," pungkas dia.
 

Editor: Elvi R


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)