logo rilis

Menlu Palestina: Kami Hanya Ingin Hidup Damai dan Adil
Kontributor
Sukma Alam
14 Oktober 2018, 15:47 WIB
Menlu Palestina: Kami Hanya Ingin Hidup Damai dan Adil
FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al Maliki mengatakan, negaranya hanya ingin perdamaian dan kebebasan. Ia menegaskan, pihaknya tidak meminta apapun selain hanya kemanusiaan untuk Palestina.

"Yang kami inginkan tidak lebih dan tidak kurang adalah perdamaian, kami tidak meminta apapun yang lainnya," kata Menlu al Maliki di acara jalan santai untuk perdamaian dan kemanusiaan dalam rangka Pekan Solidaritas Untuk Palestina di CFD Jakarta, Minggu (14/10/2018).

"Kami inginkan dunia melihat kami sebagai manusia dan juga berbagi kemanusiaan dengan kami," tambahnya.

Palestina berada di bawah pendudukan Zionis Israel selama 51 tahun yang masih berlangsung hingga kini dan masyarakat Palestina terus memperjuangkan kebebasannya.

"Kami percaya warga Palestina memilih untuk bebas, memilih untuk menikmati kemanusiaannya dan hidup dalam damai dan keadilan," ujar dia.

Karena itu, tambah al Maliki, solidaritas dan dukungan yang ditunjukkan masyarakat dan Pemerintah Indonesia sangat penting bagi mereka.

Sementara, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, Indonesia selalu berada di garda terdepan untuk mendukung Palestina. Ia menyatakan, Indonesia berkomitmen memperjuangkan perdamaian bagi rakyat Palestina.

"Pemerintah Indonesia dan diplomasi Indonesia selalu berada di garda paling depan saat kita membahas isu Pelestina," ujar Retno di panggung perdamaian dan kemanusiaan dalam minggu perdamaian dan kemanusiaan di arena Car Free Day Bunderan HI Jakarta, Minggu (14/10/2018).

Sebagai bentuk dukungan Indonesia untuk Palestina, digelar minggu solidaritas untuk Palestina yang telah dimulai di Bandung dengan meresmikan Palestinian Walk.

Selain itu juga digelar jalan santai di CFD yang diikuti oleh Menlu Retno Marsudi dan Menlu Palestina Riyad al-Maliki serta sejumlah pejabat di Kementerian Luar Negeri.

"Besok juga ada pertemuan Menlu Palestina dengan Presiden RI dan parlemen. Minggu ini kita lakukan banyak hal untuk mencerminkan dukungan kita yang konsisten untuk Palestina," tambah Retno dikutip Antara.


Bagaimana menurut anda tentang artikel ini ?
500
komentar (0)