logo rilis
Menkominfo Nilai Pendekatan Budaya Efektif Tangkal Hoaks
Kontributor
Zulhamdi Yahmin
30 Maret 2018, 10:36 WIB
Menkominfo Nilai Pendekatan Budaya Efektif Tangkal Hoaks
Menkominfo Rudiantara. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menilai pendekatan budaya merupakan salah satu alat yang efektif untuk menangkal penyebaran informasi bohong alias hoaks. Sehingga menurutnya, pendekatan budaya perlu dilakukan sejalan dengan harapan pemerintah meningkatkan literasi digital masyarakat.

"Pendekatannya harus melalui pendekatan budaya setempat. Ada juga pendekatan pakai petunra, pertunjukkan rakyat. Siapa pemimpinnya. Dalang. Nah, kami titipkan pesan di situ. Kalau pemerintah langsung yang bicara, masyarakat bosan," kata Rudiantara, melalui siaran persnya, Jumat (30/3/2018)

Dia mengatakan, sosialisasi untuk mengajak masyarakat menepis hoaks selama ini sudah dilakukan dengan beragam cara, mulai dari dakwah hingga pertunjukan rakyat. Pemerintah, menurutnya, tidak bisa bekerja sendiri dan diperlukan peran serta masyarakat dalam mengatasi penyebaran hoaks yang semakin meresahkan tersebut.

"Budaya adalah sarana meningkatkan literasi paling jitu. Budaya memiliki sistem nilai yang paling penting," ujarnya.

Selain peningkatan literasi digital, ungkapnya, Kemenkominfo memberikan batasan akses dalam dunia siber untuk melindungi masyarakat dari konten negatif. Dirinya mengajak masyarakat tidak mudah tertipu dengan hoaks, apalagi sampai turut menyebarkannya.

"Penyebaran hoaks tersebut tidak ada manfaatnya melainkan hanya buang-buang pulsa saja," pungkasnya.

Sumber: Antara


500
komentar (0)