logo rilis
Menko Polhukam-Wakapolri Bahas Persiapan Pengamanan Hari Buruh
Kontributor
Taufiqurrohman
23 April 2018, 16:15 WIB
Menko Polhukam-Wakapolri Bahas Persiapan Pengamanan Hari Buruh
Sejumlah buruh perempuan mengikuti aksi Hari Buruh Internasional (May Day) di Jakarta, 1 Mei 2017. FOTO: RILIS.ID/Indra Kusuma

RILIS.ID, Jakarta— Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menerima Wakapolri, Komjen Syafruddindin, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Pertemuan tersebut, membahas persiapan pengamanan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2018.

"Soal pengamanan May Day nanti untuk 1 Mei," ujar Syafruddin, Senin (23/4/2018).

Ia menyampaikan, peringatan Hari Buruh Internasional di Indonesia, biasanya diwarnai dengan kegiatan unjuk rasa di sejumlah daerah. Namun, hingga kini pihak buruh belum melaporkan rencana kegiatan mereka kepada kepolisian, sebagaimana syarat yang harus ditempuh sebelum menggelar demo.

"Belum masuk laporannya. Kami tunggu izinnya mereka seperti apa. Kalau sudah izin kan kita tahu sekian orang (yang ikut demo)," tutur Syafruddin.

Kendati demikian, ia mengakui pihaknya telah menyiapkan pasukan pengamanan untuk peringatan Hari Buruh mendatang.

"Pasukan kita siap, ini kan kegiatan rutin. Jadi seperti biasa, kalau di Jakarta dari Polda Metro, di Bandung dari Polda Jawa Barat, di Banten ya Polda Banten," terang Syafruddin.

Walaupun dilaksanakan dengan menggelar unjuk rasa, Syafruddin meyakini peringatan May Day mendatang akan berlangsung dengan kondusif.

"Karena, ini kan celebration, bukan hanya demo dan unjuk rasa. Namanya hari ulang tahun, ya jadi bukan sesuatu yang mengkhawatirkan," tambah dia.

Sumber: ANTARA


500
komentar (0)